Kamis, 08 Juni 2023 13:27

Anggaran Rp1,374 Miliar, 11 Desa di Luwu Utara Terima Program Hibah Air Limbah Setempat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), pada Sosialisasi Program HALS di Aula Bapelitbangda, Rabu (7/6/2023).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (tengah), pada Sosialisasi Program HALS di Aula Bapelitbangda, Rabu (7/6/2023).

Pemkab Luwu Utara menerima program Hibah Air Limbah Setempat (HALS) dengan anggaran sebesar Rp1,374 miliar, yang akan diberikan ke 11 desa/kelurahan di 6 kecamatan untuk pembangunan tangki septik individu sebanyak 229 unit. Ini bagian dari komitmen pemerintah dalam memenuhi target SDGs 2030.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPUTRPKP2) menerima program Hibah Air Limbah Setempat (HALS).

Program HALS selanjutnya akan diberikan ke 11 desa/kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan, yakni Kelurahan Bone 24 unit, Kelurahan Baliase 20 unit, Desa Toradda 20 unit, Desa Tete Uri 20 Unit, Desa Bakka 20 unit, Desa Radda 25 Unit, Desa Mario 25 unit, Desa Lara 20 unit, Desa Mulyorejo 20 unit, Desa Pao Macang 20 Unit, dan Desa Lino 20 Unit.

"Khusus Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mendapatkan alokasi anggaran hibah sebesar Rp1,374 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi fisik pembangunan tangki septik skala individual sebanyak 229 unit," kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Program HALS di Aula Bapelitbangda, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Indah menyebutkan, sosialisasi program HALS ini merupakan komitmen dari pemerintah kepada masyarakat Luwu Utara.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa program ini merupakan bagian komitmen dari pemerintah untuk memenuhi target SDGs yang ditargetkan 2030. Itu dapat kita capai dengan sanitasi air bersih yang diharapkan dapat diselesaikan dengan baik, termasuk dalam penyediaan sanitasi yang layak dan aman kepada seluruh masyarakat," terangnya.

Ia mengucapkan terima kasih dan meminta dukungan dari kecamatan dan pemerintah desa untuk suksesnya program HALS ini.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Untuk itu saya berterima kasih karena dua tahun terakhir cukup bagus, bahkan tahun lalu hampir tidak ada persoalan. Tahun ini kita berharap zero/tanpa masalah. Saya juga meminta dukungan dari teman-teman kecamatan dan pemerintah desa karena ini sifatnya swakelola," harapnya.

#pemkab luwu utara #Hibah Air Limbah Setempat #Indah Putri Indriani