Kamis, 01 Juni 2023 14:45

Pastikan Layanan Berjalan Baik, Kepala Dinkes Luwu Utara Lakukan Sidak Berkala

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara, Marhani Katma.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara, Marhani Katma.

Kepala Dinkes Luwu Utara, Marhani Katma, rutin dan berkala melakukan sidak untuk memastikan pelayanan kesehatan sesuai harapan masyarakat. Terbaru, sidak dilakukan di Puskesmas Bonebone dan Puskesmas Tanalili, melihat langsung pelayanan dan kebutuhan sumber daya yang ada.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara, Marhani Katma, rutin dan berkala melakukan inspeksi mendadak (sidak) di seluruh unit pelaksana teknis (UPT) di bawah naungan dinasnya. Langkah ini untuk memastikan proses pelayanan kesehatan berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat.

"Kami secara rutin dan berkala terus melakukan inspeksi (sidak) atau kunjungan ke seluruh UPT puskesmas yang tugas dan fungsi utamanya memberikan pelayanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat sebagai penerima layanan," kata Marhani, Kamis (1/6/2023).

Terbaru, Marhani bersama jajaran melakukan sidak di Puskesmas Bonebone dan Puskesmas Tanalili. Dua puskesmas ini menjadi lokus kunjungan, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Khusus PKM Tanalili, kami melihat suasana pelayanan yang menjadi masukan masyarakat, terkait sumber daya, seperti prasarana, sumber daya manusia (SDM) serta manajemen pengelolaan puskesmas," terangnya.

Marhani menjelaskan, Puskesmas Tanalili merupakan UPT Dinkes yang melayani rawat jalan, UGD, dan rawat inap. Selain itu, puskesmas ini dilengkapi beberapa gedung penunjang dan rumah dinas petugas.

"Kalau SDM-nya sendiri itu terdiri dari beberapa kompetensi, termasuk kompetensi dokter umum yang berjumlah dua orang,” ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Marhani juga menjelaskan terkait pengangkatan dan pemberhentian kepala puskesmas memiliki mekanisme sendiri yang tidak dilakukan secara langsung. Ada tim khusus yang menanganinya dengan tugas melaksanakan manajemen di seluruh puskesmas.

Marhani menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Luwu Utara yang memberikan koreksi dan masukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan. Ia juga memohon maaf jika pelayanan kesehatan belum memenuhi harapan masyarakat.

"Kami juga pastinya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada seluruh masyarakat sebagai penerima layanan," ucapnya.

#pemkab luwu utara #Dinas Kesehatan Luwu Utara