Sabtu, 27 Mei 2023 14:05

Ivar Jenner dan Rafael Struick Siap Perkuat Timnas Indonesia Lawan Argentina

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ivar Jenner (kiri) dan Rafael Struick. (Foto: PSSI)
Ivar Jenner (kiri) dan Rafael Struick. (Foto: PSSI)

Ivar Jenner dan Rafael Struick siap untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Argentina, setelah baru saja menyelesaikan proses naturalisasi. Kedua pemain tersebut memilih tinggal di Jakarta dan akan bergabung dengan pemain lainnya untuk memulai pemusatan latihan di Surabaya.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Dua pemain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick, akan menjadi kekuatan anyar Timnas Indonesia saat FIFA Matchday melawan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 19 Juni 2023 nanti.

Saking antusiasnya, keduanya memilih tinggal di Jakarta ketimbang kembali ke Belanda. Keduanya juga akan bersama-sama dengan pemain lainnya terbang ke Surabaya untuk memulai pemusatan latihan pada Senin (5/6/2023).

"Saya sudah tidak sabar untuk memperkuat Timnas Indonesia. Saya tahu animo suporter sangat luar biasa di sini. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) juga megah dan rumputnya bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang menyenangkan melawan Argentina," ujar Ivar Jenner dikutip laman resmi PSSI, Sabtu (27/5/2023).

Baca Juga : Lawan Filipina, Timnas Indonesia Siap Tampil Habis-habisan

Sama dengan Jenner, Rafael pun tak kalah gembiranya. "Pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi ini melawan Argentina, juara Piala Dunia di Qatar sekaligus peringkat satu dunia," kata Rafael.

Baik Ivar dan Rafael sudah diperkenalkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat konferensi pers pengumuman resmi FIFA Matchday antara Indonesia dan Argentina di ruang media Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Saat ini, selama Shin Tae-yong menangani Indonesia sejak Desember 2019, sudah ada lima pemain keturunan yang dinaturalisasi. Selain Ivar dan Rafael, ada Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Baca Juga : Yakin Timnas Indonesia Menang Lawan Uzbekistan, Muchlis Misbah: 3-1 Untuk Garuda Muda

Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, pada 17 November 2022.

Pria 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari pihak ibu. Kakek dari pihak ibu berasal dari Surabaya dan nenek dari ibu dari Malang. Kebetulan pula Sandy sudah lama ingin menjadi warga Indonesia.

Lalu, Jordi Amat 17 November 2022. Proses naturalisasi Jordi dari awal hingga rampung bersamaan dengan Sandy. Nama keduanya sama-sama direkomendasikan Shin.

Baca Juga : Shin Tae-yong Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia Meski Tersingkir dari Piala Asia 2023

Tidak seperti Sandy, Jordi telah melakukan debut di Timnas Indonesia. Itu terjadi dalam Piala AFF 2022. Sayangnya, kehadiran bek 31 tahun itu belum bisa memberikan gelar juara, setelah dikalahkan Vietnam di semifinal.

Kemudian, Shayne Pattynama resmi menjadi WNI pada 24 Januari 2023. Hal itu terjadi setelah mengambil sumpah setia kepada Republik Indonesia dan berkasnya ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hingga kini pemain kelahiran Belanda yang sedang berkarier di Norwegia bersama Viking FK ini belum melakoni debut bersama Indonesia. Ini karena Pattynama belum bisa memenuhi panggilan Garuda pada kalender internasional sebelumnya.

#Ivar Jenner #Rafael Struick #Timnas Indonesia #timnas argentina #Erick Thohir #Sandy Walsh #Shayne Pattynama #Jordi Amat #FIFA Matchday