Jumat, 28 April 2023 20:15

Direkomendasikan KPK, Pemprov Kalteng Kaji Banding Optimalisasi PAD di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Aslam Patonangi (kiri), bersama Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin.
Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Aslam Patonangi (kiri), bersama Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin.

Sekda Kalteng dan rombongan berkunjung ke Sulsel untuk melakukan kaji banding terkait optimalisasi PAD, khususnya pajak air permukaan, atas rekomendasi dari KPK. Pertemuan ini juga membahas peluang kerja sama antar daerah dalam rangka pemulihan ekonomi dan mengatasi gejolak inflasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Aslam Patonangi, menerima kunjungan Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin, bersama rombongan, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (28/4/2023).

Nuryakin menjelaskan, kedatangannya ke Sulsel untuk kaji banding terkait dengan optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD), khususnya pajak air permukaan.

Dipilihnya Sulsel sebagai lokasi kaji banding atas rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, pajak air permukaan di Sulsel sudah berjalan optimal dibandingkan di Kalteng yang memiliki potensi pertambangan dan perkebunan lebih luas.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025, Target Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,82 persen

"Kami melihat bahwa potensi atau kegiatan yang dilakukan untuk pendapatan asli daerah, khususnya di pajak air permukaan ini, Sulawesi Selatan sangat bagus. Kami diminta, disarankan oleh KPK untuk bisa kaji banding disini," ungkapnya.

Nuryakin juga berharap agar kaji banding yang dilakukan di Sulsel bisa diterapkan di Kalteng. Khususnya berkaitan dengan pajak air permukaan demi kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

Plh Sekda Sulsel, Andi Aslam Patonangi, mengungkapkan pertemuannya dengan Sekda Kalteng untuk berbagi pengetahuan dalam rangka optimalisasi kinerja dalam bidang PAD.

Baca Juga : HUT Ke-22 Palopo, Pj Gubernur Sulsel Serukan Pembangunan Sektor Pantai Timur

"Apa yang menjadi best practice kita mudah-mudahan bisa diadopsi oleh mereka dan best practice mereka juga kita bisa ambil dan kita terapkan di Sulawesi Selatan. Jadi, kita tukar menukar pengalamanlah," ujarnya usai pertemuan.

Andi Aslam mengatakan, pertemuan itu juga membicarakan peluang-peluang komoditas yang bisa dikerjasamakan antara Sulsel dan Kalteng. Apalagi, kata dia, kerja sama antardaerah ini makin dibutuhkan dalam rangka pemulihan ekonomi dan mengatasi gejolak inflasi yang harus diantisipasi bersama.

#Pemprov Sulsel