Kamis, 16 Maret 2023 11:35

Mentan SYL Luncurkan Dua Buku Sehari Jelang Ulang Tahun Ke-68

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Mentan SYL meluncurkan dua buku perjalanan hidupnya, "The SYL Way: The Miracle of Hard Working" dan "The SYL Way: I Love My Job", yang ditulis berdasarkan pengalaman dan perjuangan kariernya serta memuat pesan inovatif dan motivatif terkait pembangunan pertanian Indonesia. Buku ini dianggap sebagai hadiah terbaik untuk ulang tahun ke-68 Mentan SYL dan menjadi bentuk keberanian dan kecerdasannya sebagai seorang pejuang yang tangguh.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), meluncurkan dua buku perjalanan hidupnya, "The SYL Way: The Miracle of Hard Working" dan "The SYL Way: I Love My Job". Kedua buku itu merupakan seri pertama yang ditulis semenjak ia menjadi Mentan dan diluncurkan bertepatan dengan satu hari jelang ulang tahunnya ke-68.

Mentan SYL menyebut buku ini dibuat tidak hanya melalui pendekatan intelektual. Ia menerangkan buku ini juga dibuat berdasarkan isi hati dan pemikiran yang ia rasakan sepanjang kariernya sebagai Mentan sejak Oktober 2019 silam hingga saat ini.

"Buku ini adalah pikiran, perasaan, dan suasana yang saya miliki, yang saya tulis di setiap perjalanan saya. Buku ini saya buat dengan pendekatan hati dan rasa," ungkap Mentan SYL pada malam peluncuran bukunya di Hotel Universitas Hassanudin (Unhas), Makassar, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga : Indonesia Jalin Kerjasama Teknologi Pertanian dengan Iran

Selama berkarier di pemerintahan hingga politik, Mentan SYL mengaku menghadapi banyak tantangan serta berbagai ide dan pemikiran yang ia tuangkan dalam bentuk tulisan. Berbagai tantangan, ide, dan pemikiran itulah yang selama ini dikumpulkan dan berhasil menjadi sejumlah buku.

Ia menyebut setidaknya telah menerbitkan 21 buku tentang berbagai fase kehidupan yang dijalaninya disertai dengan segala perjuangan kariernya.

"Ini buku ke-21, setiap saya berjalan ke suatu tempat, saya tuangkan ke dalam tulisan yang bisa kalian baca. Saya tidak mengandalkan teori di situ, karena itu bisa kita cari dengan mesin, tapi yang tidak bisa tergantikan adalah hati," terangnya.

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

Rektor Unhas periode 2014 - 2022, Dwia Aries Tina Pulubuhu, menyebut sosok Mentan SYL sebagai seorang pejuang yang tangguh.

"Beliau menjadi pemimpin di era politik yang berbeda-beda sehingga suasana politik yang berbedabeda juga memengaruhi karakter kepemimpinan Pak SYL. Tapi, ada satu yang tidak berubah dari beliau, yaitu jiwa petarungnya," ungkap Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas, Jamaluddin Jompa, mengungkapkan buku ini merupakan bentuk kecerdasan dan keberanian seorang SYL.

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

"Akademisi itu terkadang kurang berani begitupun sebaliknya orang berani kadang cenderung kurang berfikir. Tapi, buku ini mempertemukan dua spektrum itu. Dia berani, tapi sekaligus dia cerdas. Ini adalah hadiah terbaik buat kita sekaligus hadiah terbaik untuk ulang tahun beliau besok," ungkapnya.

Buku "The SYL Way: The Miracle of Hard Working" ini berisi 74 kumpulan pemikiran ide Mentan SYL yang bermuatan pesan inovatif dan motivatif terkait pembangunan pertanian Indonesia. Sementara, "The SYL Way: I Love My Job" ditulis untuk menjelaskan bahwa dalam mencapai kesuksesan sejati harus diiringi kualitas dan itu hanya bisa dilakukan jika ada rasa cinta terhadap pekerjaan.

 

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo