Kamis, 09 Maret 2023 10:03

Daftar Plugin yang Wajib Ada di Website Wordpress

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ulasan berikut memberikan rekomendasi daftar plugin WordPress terbaik yang wajib diinstal pada website WordPress. Tiap plugin dijelaskan fungsinya dan bagaimana menggunakannya dengan baik.

RAKYATKU.COM - Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi begitu populer akhir-akhir ini adalah karena banyaknya pilihan plugin WordPress terbaik yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda. Sayangnya, dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin kesulitan menemukan plugin WordPress yang harus Anda instal.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu bingung karena kami akan membantu Anda. Pada artikel ini, akan meninjau daftar plugin yang wajib ada di website WordPress. Tanpa basa-basi lagi, selamat membaca rekomendasi plugin WordPress terpopuler di bawah ini untuk membantu mengoptimalkan situs web Anda!

Daftar Plugin yang Wajib Ada di Website Wordpress

Contact Form 7
Contact Form 7 adalah salah satu plugin WordPress gratis terbaik, dengan fungsi untuk menambahkan formulir kontak ke situs web WordPress Anda. Dengan formulir kontak, pemilik situs web dapat mengizinkan pengunjung mengirim pesan kepada mereka tanpa risiko mengekspos alamat email ke spammer.

Plugin gratis ini kompatibel dengan semua tema WordPress dengan pengodean yang tepat, yang berarti formulir dari plugin ini akan berintegrasi mulus dengan tema apa pun.

Visual Composer
Jika Anda suka mendesain dan mengutak-atik tampilan situs web WordPress Anda, coba gunakan Visual Composer. Ini adalah salah satu plugin WordPress wajib yang akan membuat halaman situs web Anda terlihat jauh lebih bagus.

Plugin ini juga sangat membantu dalam pembuatan website, apalagi jika Anda tidak begitu paham dengan hal-hal teknis. Saat mengedit halaman web dengan editor default WordPress, Anda harus menggunakan fungsi pratinjau untuk melihat tampilannya. Tapi, dengan Visual Composer, Anda bisa melihat semua perubahannya secara real-time alias live!

Yoast SEO
Seperti yang telah Anda ketahui, SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari (SERP). Nah, salah satu cara menaikkan peringkat web di Google dan menjangkau lebih banyak pembaca atau calon pelanggan adalah dengan menggunakan plugin SEO, seperti Yoast SEO. Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk SEO, yang hadir dengan banyak fitur untuk pengoptimalan konten dan kata kunci.

WooCommerce
Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online tanpa menyewa jasa web developer, Anda bisa menggunakan plugin toko online WordPress. Ada banyak platform toko online untuk dipilih. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah WooCommerce.

WooCommerce adalah salah satu plugin WordPress terbaik yang tersedia secara gratis, yang sudah menyediakan alat penting untuk membuat situs web toko online yang canggih. Karena bersifat open-source, pengguna WooCommerce dapat menyesuaikan fitur dan desain toko dengan lebih fleksibel daripada platform yang dihosting lainnya.

bbPress
Website forum masih cukup populer di kalangan pengguna internet. Jika Anda suka berbagi cerita atau informasi secara online, Anda dapat mencoba membuat situs web kemudian mengubahnya menjadi forum dengan memasang bbPress.

bbPeress merupakan salah satu plugin yang terbaik untuk membuat forum WordPress. Dengan alat ini, pengguna tidak perlu membangun komunitas online dari awal. Performa plugin WordPress yang wajib diinstal ini juga tergolong cepat, karena hanya menggunakan resource server yang sedikit. Plus, bbPress terintegrasi dengan mulus dengan tema WordPress modern apa pun.

MemberPress
Jika Anda berencana untuk menyelenggarakan program keanggotaan berbayar, membuat situs web e-learning, atau situs web unduhan digital, MemberPress adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk Anda. Anda dapat menggunakan plugin ini untuk membuat situs web keanggotaan WordPress dengan mudah, lengkap dengan tim dukungan profesional.

Berbeda dengan plugin lain yang kami ulas di artikel ini, MemberPress tidak memiliki versi gratis. Untuk menggunakannya, Anda harus membeli salah satu paket dengan harga antara $179/tahun hingga $399/tahun atau setara dengan Rp2.506.000-Rp5.586.000. Tenang, ada jaminan uang kembali 14 hari jadi kamu bisa mencobanya dulu, dan minta refund jika kamu tidak puas dengan layanan mereka.

HubSpot
HubSpot adalah salah satu plugin CRM WordPress terbaik yang dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk menghasilkan prospek dan konversi. Plugin ini dikemas dengan CRM (manajemen hubungan pelanggan), penjualan, dan fitur layanan pelanggan, jadi ini adalah alat yang hebat untuk mengoptimalkan pemasaran masuk Anda.

Untuk menggunakan plugin ini, instal dari direktori plugin WordPress atau unduh file dalam format zip dari situs web HubSpot. Kemudian, Anda dapat mengunggahnya ke situs web Anda. Untuk dapat menggunakan HubSpot, Anda harus terlebih dahulu membuat akun HubSpot.

Demikian ulasan tentang daftar plugin tang wajib ada di website Wordpress. Semoga bermanfaat!

#Ulasan tentang Plugin