Sabtu, 04 Februari 2023 17:28

Bupati Wajo Tantang Lulusan Institut Lamaddukelleng Maksimalkan SDA Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud.
Bupati Wajo, Amran Mahmud.

"Saya berharap kepada semua, khususnya yang belum bekerja, untuk mengubah mindset untuk tidak lagi selalu berharap menjadi PNS. Apalagi, sekarang kuota PNS dibatasi. Manfaatkanlah potensi yang ada dengan berinovasi," ujar Amran Mahmud.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo mendorong generasi muda tidak hanya bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bupati Wajo, Amran Mahmud, ingin mereka meningkatkan kapasitas diri menjadi entrepreneur atau berwirausaha memanfaatkan sumber daya alam (SDA) daerah.

Amran menyampaikan itu pada Wisuda Angkatan I Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Sabtu (4/2/2023).

"Saya berharap kepada semua, khususnya yang belum bekerja, untuk mengubah mindset untuk tidak lagi selalu berharap menjadi PNS. Apalagi, sekarang kuota PNS dibatasi. Manfaatkanlah potensi yang ada dengan berinovasi," ujar Amran.

Baca Juga : Kabupaten Wajo Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis P2HAM

Kepala daerah bergelar doktor ini mengatakan, hampir semua potensi SDA ada di Wajo yang belum tentu ada di daerah lain. Saat ini luas lahan baku sawah Wajo mencapai 101.325,56 hektare dengan produksi padi yang terus meningkat.

"Bahkan, di bulan Desember 2022 lalu, produksi pada kita mencapai angka 945 ribu ton," ungkap Amran.

Begitupun potensi perikanan, daerah berjuluk Kota Santri ini memiliki Danau Tempe. Sementara, di bagian timur laut terhampar 103 kilometer garis pantai. "Termasuk gas yang kita miliki serta pengembangan persuteraan," beber Amran yang baru saja dilantik menjadi Ketua DPD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wajo.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo ke 625 Digelar di Lapangan Merdeka

Dengan berbagai potensi ini, lanjut Amran, tentu menjadi tantangan bagi generasi muda, terutama para mahasiswa yang diwisuda. Semua potensi tersebut tentu membutuhkan berbagai disiplin ilmu untuk mengelolanya, termasuk ilmu ekonomi dan ilmu hukum.

Amran mengapresiasi seluruh civitas academica Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng atas pelaksanaan wisuda hari ini. Selain itu, tentunya sinergitas yang terjalin selama ini dengan Pemkab Wajo, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Kami juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan hari ini. Termasuk kepada para orang tua wisudawan, warisan terbaik yang diberikan kepada anak kita adalah pendidikan atau ilmu," tuturnya.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua LLDIKTI Wilayah IX, Andi Lukman, jajaran Forkopimda Wajo, Rektor Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng, Andi Siardin Djemma, para wakil rektor dan seluruh civitas academica, para wisudawan bersama pendamping, serta undangan lainnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng