Jumat, 03 Februari 2023 23:11

Inovasi Smart School Makassar, Sejumlah Guru Sekolah Bakal Studi Tiru ke Jepang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat persiapan studi tiru guru TK, SD, dan SMP Kota Makassar yang bakal Jepang, Jumat (3/2/2023).
Rapat persiapan studi tiru guru TK, SD, dan SMP Kota Makassar yang bakal Jepang, Jumat (3/2/2023).

Rombongan akan mengunjungi lima sekolah, yakni 1 PAUD, 2 SD, dan 2 SMP.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sejumlah guru TK, SD, dan SMP Kota Makassar akan melakukan studi tiru ke sekolah yang ada di Jepang.

Ketua Pokja Bunda PAUD Makassar, Shinta Werorilangi, dalam rapat persiapan studi tiru menuturkan kunjungan ini rencananya akan dilakukan pada 8 hingga 14 Februari 2022 mendatang.

"Rundown-nya selama enam hari. Yang mendaftar kemarin untuk ikut studi tiru ada guru-guru dari TK, SD, dan SMP. Termasuk di dalamnya ada anggota Pokja Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan," ujar Shinta, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Dalam kunjungan tersebut turut serta Bunda PAUD Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, dan sejumlah anggota Bunda PAUD, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Kabid Dikdas Disdik Makassar, serta pengamat pendidikan.

Adapun kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memaksimalkan salah satu program 18 Revolusi Pendidikan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), yaitu Smart School.

Sinta menjelaskan, pada kegiatan studi tiru nantinya, mereka akan mengunjungi lima sekolah, yakni 1 PAUD, 2 SD, dan 2 SMP.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

"Kita akan ke sana tepatnya di Tokyo, mengunjungi lima sekolah. Kita sudah bicara dengan kepala sekolahnya lewat KBRI. Alhamdulillah kita sudah ada akses ke sana," katanya.

Sementara itu, Indira menekankan agar peserta kegiatan studi nantinya mempelajari dan memilah sistem pendidikan di Jepang yang dapat digunakan untuk memajukan Makassar.

"Sesuai judul perjalanan kita cuma studi tiru. Bukan kita mengadopsi. Jadi, kita (peserta studi tiru) di sana bertanya, belajar untuk memperbaiki sistem pendidikan kita," tuturnya.

Baca Juga : Bersama Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Rudianto Lallo Tur Fasilitas Baru Kantor Balai Kota

Indira pun berharap agar usai kegiatan studi tiru ini dilakukan, penerapan program smart school Disdik Makassar sebagai solusi salah satu revolusi pendidikan bisa maksimal.

"Mudah-mudahan kalau kita pulang sudah bisa berbenah pendidikan di Makassar," ucapnya.

#pemkot makassar