Rabu, 01 Februari 2023 16:06

Aktif Memantau, Anggota Pakandatto Makassar Tegur Warga Buang Sampah Tak Sesuai Jadwal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasukan Penindakan Anti Kotor atau Pakandatto terus aktif memaksimalkan kebersihan di seluruh wilayah Kota Makassar.
Pasukan Penindakan Anti Kotor atau Pakandatto terus aktif memaksimalkan kebersihan di seluruh wilayah Kota Makassar.

Koordinator Pakandatto Kecamatan (Korcam) Makassar, Adityo Aji Saputra, mengingatkan kembali agar warga membuang sampah sesuai jadwal penjemputan truk sampah yang telah dijadwalkan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Anggota Pasukan Penindakan Anti Kotor atau Pakandatto terus aktif memaksimalkan kebersihan di 153 kelurahan Kota Makassar.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menegur warga yang buang sampah di depan rumah mereka yang tidak sesuai dengan jadwal penjemputan truk sampah.

Seperti pada Selasa (31/1/2023), Koordinator Pakandatto Kecamatan (Korcam) Makassar, Adityo Aji Saputra, bersama pendamping Pakandatto dari Tata Pemerintahan Makassar menegur sejumlah warga di Kelurahan Lariangbangi, Kecamatan Makassar, yang kedapatan tidak disiplin membuang sampah.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Jadwal penjemputan sampah di jalan poros Latimojong itu pukul 17.30 Wita. Sementara, baru sekitar pukul 16.20 Wita warga sudah mengeluarkan sampah di depan rumah," ujar Adityo.

Adityo lantas mengingatkan kembali agar warga membuang sampah sesuai jadwal penjemputan truk sampah yang telah dijadwalkan.

"Saya mohon agar bisa membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan oleh pihak kecamatan. Apabila warga kedapatan membuang sampah bukan pada jam penjemputan, maka akan mendapat teguran," terangnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Hal itu dilakukan agar masyarakat belajar untuk memelihara kebersihan lingkungan di sekitar pekarangan masing-masing. Selain itu, agar penataan kota dari sisi kebersihan rumah warga dapat berjalan baik dan maksimal.

Sementara itu, Koordinator Pakandatto Makassar, Muhammad Akil Djamaluddin, menjelaskan 153 anggota Pakandatto telah ditempatkan di tiap kelurahan untuk memantau kedisiplinan buang sampah masyarakat.

"Anggota Pakandatto 153 se-Kota Makassar harus memberikan laporan setiap hari, pagi, dan sore dibuktikan dengan foto-foto di lapangan," tutur dia.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Akil pun mengajak masyarakat agar mau bekerja sama menjaga kebersihan Makassar sehingga penataan kota dari sisi kebersihan dapat terwujud.

"Kami mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan karena Makassar bisa bersih kalau masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk tidak membuang sampah sembarangan tempat," ucapnya.

Selain itu, kata Akil, Pakandatto turut memantau beberapa hal di lingkungan warga seperti pohon yang bisa membahayakan warga, material bangunan yang keluar di badan jalan, serta parkir liar yang mengganggu lalu lintas.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Untuk diketahui, Pakandatto dibentuk Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), pada Oktober 2022 lalu. Dibentuk untuk memaksimalkan kinerja petugas kebersihan sekaligus mengajak masyarakat menjaga kebersihan.

#pemkot makassar