Senin, 30 Januari 2023 13:03

Cerita Mahasiswa Umma Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Belajar Manajemen Isu dan Krisis di UMJ

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Muhammad Rafli (kedua kiri paling atas) saat bersama mahasiswa yang lolos pertukaran mahasiswa merdeka dari seluruh Indonesia.
Muhammad Rafli (kedua kiri paling atas) saat bersama mahasiswa yang lolos pertukaran mahasiswa merdeka dari seluruh Indonesia.

Menurut Muhammad Rafli, program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

RAKYATKU.COM, MAROS - Muhammad Rafli, mahasiswa Universitas Muslim Maros (Umma) menjadi salah satu peraih program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mahasiswa Program Studi Manajemen ini telah merampungkan masa pertukaran mahasiswa selama satu semester di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Selain memperoleh pengalaman kuliah di dua kampus berbeda, Rafli mengaku perjuangan untuk lolos program pertukaran mahasiswa tidak mudah.

"Saya harus melewati serangkaian tes dan kelengkapan dokumen agar bisa lolos. Dari total 35.107 yang mendaftar, yang dinyatakan lulus hanya 12.722 saja," ungkap Rafli, Senin (30/1/2023).

Program unggulan Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), menurut Rafli, memberikan pengalaman pembelajaran yang luar biasa.

“Di UMMA saya mengambil Jurusan Manajemen, sementara di UMJ saya belajar Ilmu Komunikasi. Dan yang menarik, saya mengolaborasikan dua disiplin ilmu dan fokus membedah kajian manajemen isu dan krisis berbasis digital,” terangnya.

Rafli mengatakan, selama masa pertukaran mahasiswa dirinya mendapat ilmu dari dosen UMJ sekaligus dari praktisi-praktisi yang sudah berpengalaman dan bersentuhan langsung dengan dunia public relations (PR). Pengajar praktisi, kata Rafli, berasal dari industri besar di Jakarta, seperti IKEA dan MNC Media.

“Kalau kata dosen praktisi, ilmu manajemen isu dan krisis sedang berkembang dan banyak dipelajari oleh para praktisi yang ingin mengembangkan kompetensi. Dan dari pengalaman belajar itu saya akhirnya bisa melakukan identifikasi risiko, melakukan analisa, skala prioritas dengan mengandalkan teknologi seperti artificial intelligence dan big data,” jelasnya.

Untuk masa depan, Rafli mengaku punya kompetensi yang bisa diandalkan dalam persaingan dunia kerja. “Untuk saat ini saya cukup percaya diri menghadapi ketatnya seleksi dunia kerja dengan ilmu kompetensi yang saya peroleh di UMMA dan UMJ. Saya juga yakin bisa mendorong industri baru dan menjadi entrepreneur,” ucapnya.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, perguruan tinggi wajib memberikan konversi dan pengakuan sistem kredit semester (SKS) sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti program ini.

Program ini dapat diikuti mahasiswa dari semester tiga hingga semester delapan. Selain memberikan kesempatan belajar di kampus lain bagi mahasiswa, dalam program ini mahasiswa akan mengeksplorasi keragaman kebudayaan Indonesia melalui pembelajaran modul nusantara.

#Universitas Muslim Maros #Pertukaran Mahasiswa Merdeka