Sabtu, 28 Januari 2023 15:06

Inovasi Simodis Milik Luwu Utara Akan Direplikasi Kabupaten/Kota di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kantor Diskominfo-SP Luwu Utara, Jumat (27/1/2023).
Kunjungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kantor Diskominfo-SP Luwu Utara, Jumat (27/1/2023).

Inovasi Simodis saat ini dipersiapkan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2023.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana mereplikasi atau mengembangkan inovasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pra-mandiri SPBE atau disingkat Simodis milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara. Inovasi ini akan dikembangkan di seluruh daerah kabupaten/kota di Sulsel.

Hal ini terungkap dalam kunjungan kerja (kunker) Diskominfo-SP Sulsel di Kantor Diskominfo-SP Luwu Utara, Jumat (27/1/2023). Diskominfo-SP Sulsel diwakili Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi dan Informatika (Aptika), Irvan, dan dua tim teknis IT.

Ketiganya diterima Kepala Diskominfo-SP Luwu Utara, Arief R. Palallo; Sekretaris, Anshar; dan Kabid Aptika, Nirwan Syakir; di ruang kerja Kepala Diskominfo-SP Luwu Utara. Pada pertemuan itu, Irvan dari Diskominfo-SP Sulsel mengutarakan niatnya akan mereplikasi Simodis.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Kabid Aptika Diskominfo-SP Luwu Utara, Nirwan Syakir, mengatakan kunker Diskominfo-SP Sulsel ke Luwu Utara dalam rangka melihat proses bisnis (probis) inovasi Simodis. "Untuk melihat langsung proses bisnis Simodis,” ujar Nirwan.

Nirwan mengaku senang atas kunjungan Diskominfo-SP Sulsel. Apalagi, kata dia, mereka
berencana mereplikasi inovasi Simodis. “Kami senang jika inovasi ini dapat dimanfaatkan lebih luas oleh teman-teman kabupaten/kota,” katanya.

Sementara, Kabid Aptika Diskominfo-SP Sulsel, Irvan, mengaku ingin mereplikasi inovasi Simodis. “Rencananya kita ingin replikasi untuk dimanfaatkan oleh kabupaten/kota di Sulsel sebagai sarana pengumpulan evidence dan evaluasi pra-mandiri SPBE,” ungkap Irvan.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo-SP Luwu Utara, Arief R. Palallo, sangat mendukung rencana provinsi untuk mereplikasi inovasi Simodis agar dapat dimanfaatkan kabupaten/kota lainnya untuk melakukan evaluasi pra-mandiri SPBE.

“Alhamdulillah, tentu kami sangat senang jika inovasi ini dapat dikembangkan lebih jauh lagi. Ini berarti bahwa Somodis sudah menjadi magnet yang mampu menarik minat daerah lain untuk mereplikasinya di wilayah daerah masing-masing,” tutur Arief.

Saat ini, inovasi Simodis sedang dipersiapkan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulsel 2023. Sebelumnya, Simodis adalah pemenang Top 7 KIPP Luwu Utara pada 2021 lalu.

#pemkab luwu utara