Sabtu, 24 Desember 2022 16:20

Dorong Mandiri Benih Jagung, Gubernur Sulsel Resmikan Pabrik Benih Jagung di Maros

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di pabrik benih dan jagung komersial di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sabtu (24/12/2022).
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di pabrik benih dan jagung komersial di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sabtu (24/12/2022).

"Kita sudah mandiri benih padi, insyaallah dengan hadirnya pabrik ini akan mewujudkan mandiri benih jagung," kata Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAROS - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan pabrik benih dan jagung komersial di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sabtu (24/12/2022).

"Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan pabrik benih dan jagung komersial andalan. Kita harap dapat terus beroperasi dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Andi Sudirman.

Menurutnya, kehadiran pengolahan benih ini merupakan langkah untuk mewujudkan mandiri benih di Sulsel.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 10 Ton Beras untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu

"Kita sudah mandiri benih padi, insyaallah dengan hadirnya pabrik ini akan mewujudkan mandiri benih jagung," harapnya.

Pabrik pengolahan benih jagung mulai memproses tongkol benih jagung melalui mesin dryer, pipil, blower, sortir, packing, sampai perawatan benih atau seed treatment.

Dalam sekali proses pabrik bisa memproduksi sekitar 50 ton. "Kita berharap hadirnya pabrik tersebut bisa menghasilkan benih jagung yang unggul dan berkualitas untuk petani," tuturnya.

Baca Juga : Daftar Korban Meninggal Dunia Banjir dan Tanah Longsor di Luwu

Sementara, produksi jagung komersial, untuk keperluan pakan ternak.

Turut hadir saat peresmian, legislator DPRD Sulsel, Irfan A.B., Bupati dan Wakil Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam-Suhartina Bohari, serta jajaran Pemprov Sulsel.

#Pemprov Sulsel