Rabu, 23 November 2022 09:29

Wabup Suaib Apresiasi Program USAID Madani di Lutra

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Audiensi Tim USAID bersama Wakil Bupati (Wabup) Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur, Selasa (22/11/2022), di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.
Audiensi Tim USAID bersama Wakil Bupati (Wabup) Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur, Selasa (22/11/2022), di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Kedatangan Tim USAID ke Luwu Utara dalam rangka melakukan evaluasi program USAID Madani di Desa Pincara, Kecamatan Masamba.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Wakil Bupati (Wabup) Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur, menerima kunjungan Tim USAID Jakarta, Selasa (22/11/2022), di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Kedatangan Tim USAID ke Luwu Utara dalam rangka melakukan evaluasi program USAID Madani di Desa Pincara, Kecamatan Masamba.

Di hadapan USAID Acting Director Office, Ellexis Gurrola, dan Senior Technical Advisor, Luthfi Ashari, Wabup Suab tak lupa menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Kami atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada USAID yang telah menjadikan Luwu Utara sebagai salah satu lokus dari program ini,” kata Suaib.

Suaib berharap, dengan kehadiran USAID di Luwu Utara dapat mengakselerasi pencapaian tujuan dari program ini, salah satunya program desa inklusi.

“Insyaallah, dengan kehadiran teman-teman USAID ini, akan mampu mengakselerasi pencapaian dari tujuan kita di dalam mewujudkan desa inklusi di Luwu Utara,” ujar Suaib.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Ia mengatakan, salah satu program desa inklusi, bagaimana mewujudkan transparansi dana desa. “Salah satu sasarannya adalah mengawal transparansi dana desa, serta melibatkan partisipasi semua kalangan dalam pembangunan di desa," terangnya.

Tak kalah pentingnya, kata dia, bagaimana dukungan pemda terhadap kaum disabilitas (difabel) dalam pembangunan desa. “Ini yang menjadi prioritas kita menuju desa inklusi,” sebutnya,

Untuk mendukung hal itu, kata dia, pemerintah daerah juga telah membuat beberapa regulasi untuk menguatkan komitmen mewujudkan desa inklusi.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Sementara itu, USAID Acting Director Office, Ellexis Gurrola, mengaku bangga dengan Luwu Utara. Ia mengaku terus berjuang untuk mendukung masyarakat Indonesia.

“Saya berkomitmen meningkatkan antusiasme dan memperkuat organisasi masyarakat sipil di Indonesia, termasuk di Kabupaten Luwu Utara,” tutur Ellexis, didampingi penerjemahnya.

Pada kesempatan yang sama, Senior Technical Advisor, Luthfi Ashari, mengatakan bahwa kedatangan Tim USAID ke Luwu Utara dalam rangka evaluasi program USAID Madani.

Baca Juga : Indah Minta HUT ke-25 Tahun Luwu Utara Mulai Massif Digaungkan

“Kami selama dua tahun ini menjalankan program secara langsung di Luwu Utara, dan kedatangan kami ke sini untuk mengetahui manfaat apa yang sudah dirasakan masyarakat, khususnya yang menjadi lokus program USAID Madani,” jelas Luthfi.

Pihaknya juga ingin mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang sudah terjadi di desa Pincara. “Kami ingin mendengar terkait perubahan-perubahan yang telah terjadi atas adanya program USAID Madani ini. Saya rasa ini adalah sebuah proses yang baik,” tuturnya.

#pemkab luwu utara