Rabu, 23 November 2022 08:13

Pascagempa Cianjur, XL Axiata Percepat Pemulihan Jaringan dan Sediakan Akses Telepon Gratis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga sedang mengisi baterai ponsel mereka dari genset yang disediakan tim teknisi XL Axiata di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Selasa (22/11/2022).  XL Axiata memastikan sebagian besar infrastruktur jaringan di wilayah terdampak gempa Cianjur telah berangsur pulih.
Warga sedang mengisi baterai ponsel mereka dari genset yang disediakan tim teknisi XL Axiata di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Selasa (22/11/2022). XL Axiata memastikan sebagian besar infrastruktur jaringan di wilayah terdampak gempa Cianjur telah berangsur pulih.

XL Axiata menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS bagi warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas. Pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode 21-24 November 2022.

RAKYATKU.COM, CIANJUR - XL Axiata memastikan per Selasa (22/11/2022) pagi jaringan telekomunikasi dan data sudah berangsur normal pascagempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) siang.

Sebelumnya, sesaat setelah gempa terjadi, layanan XL Axiata di beberapa titik mengalami gangguan karena padamnya aliran listrik. Tim XL Axiata di lapangan terus melakukan upaya pemulihan setelah terdeteksi terjadi gangguan.

"Sebagai bagian dari masyarakat di Cianjur dan Jawa Barat, XL Axiata turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan mengakibatkan sejumlah kerusakan," kata Arif Farhan Budiyanto, Penjabat Group Head Central Region XL Axiata, dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga : Gelar Trauma Healing, Polri Kembalikan Senyum Anak-anak dan Ibu-ibu Korban Gempa Cianjur

Tim XL Axiata, kata dia, termasuk yang bertugas di lapangan saat ini terus bekerja keras untuk memastikan kondisi jaringan di lokasi bencana. "Hingga Selasa pagi tadi, kami pastikan jaringan sudah berangsur pulih di sebagian besar kecamatan di Cianjur dan Sukabumi. Masyarakat pun telah dapat memanfaatkan jaringan untuk berkomunikasi dan bermacam aktivitas digital lainnya, termasuk untuk mengakses informasi dan berkoordinasi dengan aparat terkait," bebernya.

Arif menambahkan, pemulihan jaringan kini menjadi prioritas tim XL Axiata di lapangan agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat juga untuk mendukung proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait.

Tim teknis XL Axiata di lapangan akan terus bersiaga untuk mengantisipasi jika terjadi gempa susulan. Selain itu, tim XL Axiata juga memastikan ketersediaan kartu perdana dan pengisian pulsa maupun paket di XL Center hingga toko-toko pulsa area Cianjur, Sukabumi, dan sekitarnya.

Baca Juga : Empat Hari Pascagempa Cianjur, XL Axiata Fokus Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan

XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur, yaitu 280 BTS 4G dan lebih dari 270 BTS 2G. Sementara itu, di wilayah Sukabumi terdapat lebih dari 1.200 BTS, dengan hampir 800 BTS di antaranya merupakan BTS 4G. Di seluruh Jawa Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 27 ribu BTS, dengan lebih dari 17ribu BTS 4G.

Sponsored by MGID

Layanan Telepon Gratis Korban Gempa

Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan, XL Axiata juga menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Jadi, warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata.

Baca Juga : Polres Wajo Gelar Salat Gaib dan Doakan Korban Gempa Cianjur

Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Program ini berlaku untuk periode 21-24 November 2022 dan berlaku di lokasi bencana yaitu Cianjur Jawa Barat.

Menurut Arif, XL Axiata juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Cianjur. Salah satu posko berada di RSUD Sayang, yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit Nomor 1, Kelurahan Bojongherang, Cianjur, Jawa Barat.

Hingga saat ini, diketahui ada ratusan korban gempa telah dirawat di rumah sakit ini. "Kami berharap, masyarakat dan pelanggan yang di area-area tersebut bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Tentu layanan gratis ini juga bisa dimanfaatkan oleh aparat membantu pemulihan di kedua daerah," tuturnya.

Baca Juga : Gempa Cianjur: Korban Meninggal 310 Orang, 24 Masih Hilang

XL Axiata juga sedang menyiapkan pengiriman bantuan darurat bagai warga korban. Bantuan akan dikirimkan segera. Tim XL Axiata di lapangan juga terus melakukan pemantauan, baik untuk memastikan kondisi infrastruktur dan layanan, termasuk juga untuk menginformasi guna penyaluran donasi.

#XL Axiata #Gempa Cianjur