Selasa, 22 November 2022 20:24

Sepuluh Keuntungan Gunakan Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk Perusahaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penting bagi para pebisnis untuk bisa memahami alasan untuk menggunakan aplikasi pembukuan dalam menjalankan bisnisnya.

RAKYATKU.COM - Menjalankan bisnis memang sulit. Selain harus menjaga bisnis tetap berjalan melalui implementasi berbagai macam strategi, pemilik bisnis juga harus tahu bagaimana mengurus pembukuan keuangan bisnis.

Hal ini penting guna mengetahui bagaimana sirkulasi keuangan perusahaan berjalan. Mengetahui bagaimana proses pembukuan keuangan juga dapat digunakan sebagai strategi untuk mencegah kerugian bisnis, lho.

Penting bagi para pebisnis untuk bisa memahami alasan untuk menggunakan aplikasi pembukuan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa disadari bahwa pembukuan yang rapi menjadi sebuah alat ukur dalam mengembangkan bisnis di era digital ini.

Salah satu teknologi jaman now yang dapat menginput dengan cepat dan membuat laporan keuangan secara real time, yaitu software akuntansi. Untuk melihat efektifitas dari aplikasi pembukuan keuangan, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan jenis aplikasi pembukuan keuangan tersebut dalam artikel ini.

Karena seperti yang diketahui, aktivitas keuangan yang dilakukan seorang akuntan di perusahaan sangat banyak, seperti membuat laporan keuangan, neraca, buku besar, jurnal dan hal lainnya yang memerlukan waktu serta tenaga. Di sinilah aplikasi pembukuan keuangan bermanfaat untuk meringankan pekerjaan seorang akuntan dan membuat bisnis menjadi lancar.

Pengertian Aplikasi Pembukuan Keuangan Online
Dalam era digital saat ini, semua hal terkait bisnis sudah berani menggunakan teknologi untuk membantu melancarkan bisnisnya. Bidang akuntansi sekalipun ikut memanfaatkan teknologi yaitu dengan adanya aplikasi pembukuan keuangan online. Seiring pebisnis mengikuti trend, maka semakin selektiflah untuk memilih aplikasi pembukuan keuangan yang tepat untuk bisnis digital.

Aplikasi ini merupakan bentuk inovasi baru dan dapat diakses dengan mudah, dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan browser tanpa perlu instalasi. Software ini terbilang sangat ringan sehingga tidak memerlukan spesifikasi gadget yang tinggi. Namun, ada yang perlu diperhatikan untuk mengakses aplikasi ini dibutuhkan koneksi internet dengan kecepatan mumpuni. Jika tidak, software ini tidak bisa diakses.

Sepuluh Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk Perusahaan
Aplikasi pembukuan keuangan telah mengambil alih proses akuntansi di berbagai perusahaan dan instansi di Indonesia. Proses pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan terhadap error dinilai tidak efisien dan memperlambat kinerja akuntan.

Inilah mengapa makin banyak pemilik bisnis yang beralih ke solusi akuntansi otomatis. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang dapat diberikan aplikasi pembukuan keuangan untuk suatu bisnis.

1. Meningkatkan Akurasi Data
Akurasi data merupakan hal yang krusial dalam laporan keuangan. Masalahnya, ketika Anda mencatat data keuangan menggunakan kertas, Anda bisa saja membuat kesalahan pada penulisan adan seseorang bisa saja salah membacanya. Penghitungan manual dengan kalkulator juga sangat rentan terhadap kesalahan.

Kesalahan manusia memang tidak bisa sepenuhnya dihilangkan dari kegiatan akuntansi sehari-hari, akan tetapi aplikasi pembukuan keuangan dapat memperkecil kemungkinannya. Pajak, pendapatan, biaya pengeluaran, dan lain-lain dihitung secara otomatis. Berbagai error seperti duplikasi data dapat teridentifikasi oleh sistem sehingga akurasi dapat ditingkatkan secara signifikan.

2. Meningkatkan Mobilitas
Aplikasi pembukuan keuangan memberi Anda keuntungan untuk dapat mengakses akun bisnis Anda dari mana saja. Perangkat lunak ini juga dapat diakses melalui browser yang umum digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya menggunakan smartphone atau perangkat seluler lainnya.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara fleksibel ketika menggunakan aplikasi pembukuan keuangan adalah:
-Melacak laba rugi di setiap cabang bisnis
-Membuat dan mengirim faktur langsung dari perangkat seluler Anda
-Melihat riwayat transaksi dan laporan penagihan
-Mencatat pengeluaran dan melampirkan kwitansi
-Melakukan follow up pembayaran
-Mendapatkan informasi real-time mengenai pendapatan, biaya pengeluaran, dll.
-Menghasilkan laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, neraca, dll. Secara instan

3. Visibilitas Keuangan yang Lebih Lengkap
Aplikasi pembukuan keuangan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai keuangan Anda. Beberapa di antaranya bahkan memungkinkan penggunanya untuk memprediksi arus kas, termasuk kapan biaya pengeluaran akan diperlukan dan kapan keuntungan akan dihasilkan.

Biasanya data keuangan seperti laba rugi sulit untuk dihasilkan secara terperinci apalagi jika bisnis yang dikelola berjumlah banyak dan berlokasi di berbagai tempat. Namun dengan sistem pembukuan yang komplit seperti Mekari Jurnal Anda bisa mengetahui laba rugi berdasarkan area, toko atau kantor, dan bahkan jenis produk.

4. Mempermudah Pengelolaan Pajak
Selain menunjukkan berapa banyak pajak yang dibayarkan pada faktur tertentu, beberapa aplikasi pembukuan keuangan juga memungkinkan Anda untuk membuat laporan yang menunjukkan berapa banyak pajak tertentu yang telah dibayarkan bisnis Anda selama periode waktu tertentu sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk melengkapi dan mengajukan formulir pajak pemerintah seperti PPN dan PPh-23.

5. Menghemat Waktu dan Tenaga
Banyak kalangan pebisnis sudah mengerti apa saja manfaat utama dari penggunaan aplikasi khusus mencatat keuangan. Dari sinilah ada sejumlah poin menarik yang membuat pengembangan sistem keuangan benar-benar bisa dimaksimalkan.

Aplikasi akuntansi berbasis komputer ataupun perangkat smartphone sangat memudahkan pengguna hingga tak perlu pusing memikirkannya.

6. Pengerjaan Laporan Keuangan Lebih Efisien
Menggunakan perhitungan laporan keuangan secara manual sebenarnya membutuhkan waktu lama dan membuang tenaga. Namun, adanya sarana aplikasi khusus mencatat keuangan dari perangkat smartphone ataupun PC komputer menjadi lebih efisien.

Akhirnya sistem administrasi perusahaan kecil maupun besar sangat diuntungkan dengan adanya akses aplikasi khusus mencatat keuangan.

7. Mengurangi Kesalahan Teknis Penulisan Laporan
Selain memberi waktu lebih cepat dan efisien, penggunaan aplikasi catatan keuangan juga lebih diuntungkan dengan mengurangi kesalahan teknis penulisan laporan keuangan. Karena itulah, akses penghitungan paling tepat dan sempurna dengan mengandalkan akses aplikasi pencatatan keuangan langsung. Bahkan terintegrasi dengan berbagai nilai pajak serta sistem otomatis perhitungan lebih akurat.

8. Lebih Mudah Membuat Organisasi Transaksi
Penggunaan dari sebuah aplikasi catatan keuangan bisa dipastikan ada banyak sarana paling tepat untuk memaksimalkan semua transaksi dalam bentuk organisasi.

Hal ini banyak diandalkan oleh berbagai macam perusahaan. Sampai akhirnya membuahkan akses-akses lebih tepat untuk memaksimalkan sarana-sarana kolom pencarian di setiap laporan keuangan.

9. Membuat Catatan Utang dan Piutang Lebih Baik
Banyak kalangan menilai bahwa konsep dari pengembangan serta mencermati catatan utang dan piutang membutuhkan ahlinya.

Namun, berkat adanya aplikasi khusus pencatatan keuangan, akan membuahkan sarana-sarana baru dan terbaik, terutama pada prosedur pencatatan utang dan piutang lebih maksimal. Bahkan dengan modal aplikasi, proses pencatatan utang dan piutang lebih maksimal.

10. Memberi Inovasi Berbasis Akuntansi Online
Adanya software khusus pembuatan laporan keuangan, sampai detik ini, benar-benar bisa dimanfaatkan secara tepat. Karena itulah, ada sejumlah poin penting yang membuahkan hasil lebih sempurna, terutama untuk membuat laporan akuntansi online secara tepat.

Akan tetapi, ada beberapa pengembangan dan update software hingga berbentuk aplikasi lebih fleksibel yang saat ini terus dicermati banyak pihak. Penggunaan aplikasi catatan keuangan sampai detik ini benar-benar bisa memberi hasil-hasil terbaik kepada perusahaan kecil sampai besar.

Aplikasi catatan keuangan banyak dimanfaatkan sebagai modal penting untuk mengembangkan berbagai sistem baru. Juga sebagai modal terbaik untuk memaksimalkan semua akses pencatatan yang lebih baik. Bahkan terhindar dari kesalahan pencatatan akses akuntansi.

Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Keuangan Terbaik
Menemukan aplikasi pembukuan keuangan yang tepat untuk bisnis Anda tidak bisa dilakukan secara instan. Ada berbagai riset dan pertimbangan yang harus Anda lalui. Untuk memudahkan pencarian Anda, berikut ini adalah beberapa tips singkat:

1. Siapkan Anggaran & Lakukan Riset Harga
Tentukan anggaran yang akan Anda investasikan untuk aplikasi pembukuan keuangan dan temui beberapa vendor yang menawarkan harga yang sesuai dengan anggaran Anda saja.

2. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda
Catat secara terperinci seluruh kebutuhan bisnis Anda. Diskusikan hal ini dengan tim keuangan Anda. Cari tahu fitur-fitur apa saja yang Anda butuhkan dari sebuah sistem pembukuan. Beberapa fitur yang harus ada dalam sebuah sistem pembukuan yang lengkap adalah:
-Multimata Uang
-Posting Jurnal Otomatis
-Rekonsiliasi Akun Bank
-Prediksi Arus Kas
-Manajemen Faktur
-Manajemen Laporan Keuangan
-Depresiasi Aset
-Manajemen Pajak
-Multi Pengguna & Lokasi
-Manajemen Pembayaran
-Diskusi dengan Konsultan Software

Anda mungkin memahami akuntansi, tetapi mungkin saja belum memahami bagaimana sebuah perangkat lunak akuntansi bekerja. Apakah aplikasi pembukuan keuangan yang Anda pertimbangkan cocok untuk industri Anda? Apakah sistemnya dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah sistem tersebut patuh terhadap perpajakan di Indonesia?

Jangan ragu untuk berdiskusi tentang kebutuhan Anda dengan pakar software terpercaya. Mekari Jurnal menyediakan konsultasi gratis bagi Anda yang sedang mencari aplikasi pembukuan keuangan atau perangkat lunak untuk bisnis lainnya.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Mekari Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:
-Fitur pembelian dimana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
-Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis
-Cash link
-Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya
-Manajemen Stok

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan keuangan untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Mekari Jurnal selama 14 hari.

#Ulasan Aplikasi Pembukuan Keuangan