Jumat, 18 November 2022 21:18

Wali Kota Makassar Perintahkan Seluruh Jajaran Siaga Hadapi Banjir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny).

"Saya minta semua harus gerak cepat. Camat dan lurah buat laporan update setiap saat agar bisa terpantau dengan cepat. RT/RW juga demikian," kata Danny.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tingginya curah hujan di Kota Makassar membuat beberapa daerah terdampak banjir hingga banyak warga yang mengungsi.

Mengetahui hal tersebut, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), langsung bergerak cepat dalam penanganan awal. Pertama, camat dan lurah diminta agar turun langsung memantau masyarakat. Utamanya bagi yang membutuhkan evakuasi.

 

Kedua, seluruh perangkat daerah terkait menurunkan kekuatan personel, peralatan, dan kendaraan yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat.

Baca Juga : Bocoran Kemendagri, LPPD 2021 Kota Makassar Masuk Sepuluh Besar Terbaik

Ketiga, para sekretaris badan dan dinas serta sekretaris camat hingga lurah mempersiapkan penyaluran logistik dan konsumsi ke semua tempat pengungsian dan rumah yang terdampak.

"Saya minta semua harus gerak cepat. Camat dan lurah buat laporan update setiap saat agar bisa terpantau dengan cepat. RT/RW juga demikian," kata Danny, Jumat (18/11/2022).

Tak hanya camat dan lurah, Danny meminta seluruh asisten membagi kewajiban tiap perangkat daerah dengan menyiapkan konsumsi siap saji.

Baca Juga : Komitmen Tata Kembali Penyelenggaraan Pemerintahan, Danny Pomanto Target Masuk Sepuluh Besar LPPD Tingkat Kota

Tak ketinggalan staf ahli bersama tim kesehatan bertugas memonitor kondisi kesehatan warga yang terdampak, baik di lokasi pengungsian maupun di rumah-rumah warga.

Sponsored by MGID

Sementara, untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan agar menurunkan kekuatan penuh untuk membantu proses evakuasi hingga pengungsian warga.

PDAM juga diperintahkan untuk segera menyuplai air bersih ke daerah terdampak banjir dan tempat pengungsian.

Baca Juga : Direktur EKPKD Kemendagri RI Beri Pengarahan di Bimtek Penyusunan LPPD 2022 Pemkot Makassar

"Kita bagi tugas untuk menyelamatkan warga kita dulu dan tetap memperhatikan segala kebutuhannya dari air hingga makanannya. Semua BUMD juga saya arahkan membantu menurut kemampuannya masing-masing,” imbaunya.

Kondisi saat ini, kata Danny, harus saling bekerja sama. Olehnya itu, ia juga meminta seluruh warga agar terus menjaga dan mengawasi anak di bawah umur, orang tua, dan orang sakit.

“Hindari jaringan listrik, drainase, dan sebaiknya berada di dalam rumah jika dalam kondisi aman dari banjir. Namun, ketika rumah kebanjiran segera melakukan evakuasi oleh tim yang stand by di lokasi meminta untuk diungsikan,” pinta Danny.

Baca Juga : Buruan Daftar! Pemkot Makassar Siapkan Beasiswa Penuh Calon Penghafal Alquran

Penyampaian penting ini dilontarkan Danny secara langsung melalui grup WhatsApp (WA) koordinasi perangkat daerah pada pukul 16.10 Wita dan langsung ditindaklanjuti oleh semua jajaran.

#pemkot makassar #banjir makassar