Kamis, 17 November 2022 18:08

XL Axiata Hadirkan Xinergis, Solusi Digital untuk Efisiensi Energi di Industri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Head New Ventures & Technology Incubation XL Axiata, Novi Arian, melakukan pengecekan layanan Xinergis di fasilitas IoT Hub Innovation di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta, awal pekan ini. (Foto: XL Axiata)
Head New Ventures & Technology Incubation XL Axiata, Novi Arian, melakukan pengecekan layanan Xinergis di fasilitas IoT Hub Innovation di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta, awal pekan ini. (Foto: XL Axiata)

Pada Xinergis, berbagai jenis sensor dipasang untuk menghasilkan data yang dibutuhkan, seperti pemakaian listrik, tegangan listrik, dan debit air. Sensor juga diterapkan untuk pengukuran penggunaan bahan bakar genset, yaitu menggunakan flow meter ditambah dengan sensor untuk mengukur ketinggian isi bahan bakar di dalam tangki.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Laboratorium Internet of Things (IoT) milik PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menghadirkan solusi digital berbasis IoT untuk kalangan industri. Solusi terbaru ini dinamakan “Xinergis”, yang berfungsi mempercepat proses efisiensi energi.

Melalui XL Axiata Business Solutions, Xinergis sudah siap untuk dimanfaatkan oleh pengelola gedung perkantoran hingga pabrik yang memerlukan solusi tersebut. Pengembangan solusi ini juga sejalan dengan program sustainability development yang sedang dilakukan oleh XL Axiata dalam hal penghematan sumber daya energi.

“Pada mulanya solusi ini kami gunakan sendiri untuk memonitor pemakaian energi di lokasi shelter pemancar jaringan seluler atau Base Transceiver Station (BTS). Solusi ini kemudian dikembangkan pemanfaatannya untuk memantau besaran konsumsi energi listrik, penggunaan air serta konsumsi pemakaian bahan bakar untuk genset di gedung-gedung atau fasilitas bangunan milik XL Axiata," kata Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, dalam siaran persnya, Kamis (17/11/2022).

Feby menambahkan, solusi IoT untuk kalangan industri ini ditujukan bagi pengelola fasilitas gedung baik perkantoran, pabrik maupun kawasan industri yang ingin memiliki informasi secara real time serta data-data terkait penggunaan energi listrik, pemakaian air maupun bahan bakar genset.

Selain itu, solusi IoT untuk industri dari XL Axiata ini juga dapat memberikan notifikasi jika terjadi suatu masalah atau anomali. Tidak kalah penting lagi, selain berguna untuk reporting, data-data yang dikumpulkan solusi ini dapat menjadi referensi terkait tren penggunaan energi dan estimasi biaya operasional yang diperlukan.

Pada Xinergis, yang merupakan produk IoT inovatif XL Axiata ini, berbagai jenis sensor dipasang untuk menghasilkan data yang dibutuhkan, seperti pemakaian listrik, tegangan listrik, dan debit air. Sensor juga diterapkan untuk pengukuran penggunaan bahan bakar genset, yaitu menggunakan flow meter ditambah dengan sensor untuk mengukur ketinggian isi bahan bakar di dalam tangki (level sensor).

Seluruh data yang dihasilkan oleh solusi IoT untuk industri tersebut kemudian dikirimkan ke cloud platform untuk diolah menjadi informasi yang dapat ditampilkan user interface (dashboard) dalam bentuk website dan aplikasi mobile. Hasilnya, perusahaan telah mampu memantau penggunaan energi, baik listrik, air, hingga solar. Tidak hanya itu, perusahaan pun dapat mendeteksi jika ada penggunaan energi yang tidak wajar.

Hingga saat ini, solusi IoT Xinergis telah diterapkan di sejumlah kantor regional milik XL Axiata yang terletak di area Jabodetabek dan Bandung. Secara bertahap solusi ini juga terus diterapkan di semua kantor regional yang tersebar di seluruh Indonesia.