Kamis, 17 November 2022 10:54

Rakor Pemetaan TPS, Bupati Wajo: Sukseskan Pemilu 2024, Antisipasi Kerawanan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat Koordinasi (Rakor) Pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (16/11/2022).
Rapat Koordinasi (Rakor) Pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (16/11/2022).

"Kegiatan ini merupakan upaya antisipasi dari setiap kerawanan Pemilu 2024 yang harus dicermati, baik oleh penyelenggara pemilu, khususnya kita di Kabupaten Wajo dari tingkat pemerintah kabupaten sampai kecamatan dan desa/kelurahan," kata Amran Mahmud, Bupati Wajo.

RAKYATKU.COM, WAJO - Menghadapi pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 mendatang, Bupati Wajo, Amran Mahmud, melontarkan seruan kepada semua pihak dan elemen masyarakat. Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu meminta bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Amran menyampaikan hal itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wajo di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (16/11/2022).

Amran menuturkan, pelaksanaan rakor ini merupakan hal penting. Semua pihak, kata dia, mesti menanamkan komitmen untuk meminimalkan potensi yang bisa mencederai seluruh tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Terlebih, nanti akan dilakukan pemilihan secara serentak, mulai pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, hingga pemilihan kepala daerah (pilkada) untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Kegiatan ini merupakan upaya antisipasi dari setiap kerawanan Pemilu 2024 yang harus dicermati, baik oleh penyelenggara pemilu, khususnya kita di Kabupaten Wajo dari tingkat pemerintah kabupaten sampai kecamatan dan desa/kelurahan," kata Amran.

Amran juga meminta kepada KPU untuk bisa mulai melakukan sosialiasi. Apalagi saat ini telah memasuki masa persiapan pembentukan badan ad hoc, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), penyelenggara Pemilu 2024 yang nantinya bertugas.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Amran pun mengapresiasi KPU Wajo atas pelaksanaan rakor ini. "Kita berharap melalui kegiatan ini akan mampu menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang," harapnya.

Sementara, Ketua KPU Wajo, Haedar, menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo yang memberikan ruang untuk pelaksanaan kegiatan seperti rakor ini.

"Kami tetap berharap ke depannya akan tetap mendapatkan dukungan ini karena masih banyak tahapan yang akan kita lalui. Dengan sering bertemu seperti ini, kita akan bisa mendapatkan lebih banyak masukan untuk perbaikan dan pembenahan ke depannya," ujar Haedar.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Data dan Informasi KPU Sulawesi Selatan (Sulsel), Aminuddin selaku narasumber, para anggota KPU Wajo, para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Wajo, camat, kepala desa/lurah, serta undangan lainnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #kpu wajo #Pemilu 2024