Rabu, 14 September 2022 10:09

Kembalikan Kejayaan Jeruk Malangke, Pemkab Lutra dan Unanda Palopo Teken MoU

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan MoU antara Pemkab Lutra dan Unanda Palopo terkait Pengembangan Kembali Jeruk Malangke.
Penandatanganan MoU antara Pemkab Lutra dan Unanda Palopo terkait Pengembangan Kembali Jeruk Malangke.

Program ini diharapkan bisa meregenerasi jeruk malangke yang pernah ada dengan pendekatan teknologi.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara bersama Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo sepakat untuk mengembalikan kejayaan jeruk malangke.

Hal itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dengan Rektor Unanda Palopo, Annas Boceng, Selasa (13/9/2022).

Peneliti Unanda, Dr. Taruna, menjelaskan program tersebut diharapkan bisa meregenerasi jeruk malangke yang pernah ada dengan pendekatan teknologi.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

“Agar bibit jeruk malangke bisa mudah didapatkan oleh petani, tanpa harus mendatangkan bibit dari luar. Dan juga akan dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk menyusun roadmap pengembangan jeruk Malangke dari hulu ke hilir sehingga menjadi dasar kebijakan pemda dalam pengembangan tanaman jeruk,” ucap Taruna.

Taruna menyebut, program multikultural yang melibatkan mahasiswa dan kelompok tani itu juga akan fokus dalam meningkatkan kapasitas petani, termasuk sistem kelembagaannya.

Merespons hal itu, Indah mengatakan FGD penting dilakukan agar pelaksanaan program lebih terarah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Agar kita tahu siapa berbuat apa, di mana, dan kapan pelaksanaannya. Pemda tentu menyambut baik kerjasama ini. Dan saya berharap juga bisa mengambil contoh baik dari tanaman jeruk di Ehime Jepang. Pengembangan kembali jeruk Malangke ini penting untuk memberi masa depan pada kejayaan masa lalu,” tuturnya.

#pemkab luwu utara