Jumat, 04 November 2022 17:06

Wajo Kini Punya Mushaf Al-Qur'an Akbar: Ditulis 1 Tahun, Ukuran 120 x 90 Cm, Berat 270 Kg

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kedua kiri), saat serah terima mushaf Al-Qur'an akbar atau berukuran besar di Masjid Agung Ummul Quraa, Jumat (4/11/2022).
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kedua kiri), saat serah terima mushaf Al-Qur'an akbar atau berukuran besar di Masjid Agung Ummul Quraa, Jumat (4/11/2022).

Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan kesyukurannya bisa menghadirkan mushaf akbar ini. Dia berharap akan menjadi spirit untuk menyiapkan generasi qur'ani dan generasi penghafal Al-Qur'an.

RAKYATKU.COM, WAJO - Bagi yang ingin atau tengah berkunjung di Kabupaten Wajo sekarang ini, datanglah ke Masjid Agung Ummul Quraa, Kota Sengkang. Di sana Anda akan menemukan mushaf Al-Qur'an akbar atau berukuran besar. Ikon baru yang makin menahbiskan daerah ini sebagai Kota Santri.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, baru saja melakukan serah terima mushaf berukuran besar itu dari penulisnya langsung, Ustaz Usman Pabbo. Prosesinya usai pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Ummul Quraa, Jumat (4/11/2022).

Setelahnya, Amran menyerahkannya kepada Pengurus Masjid Agung Ummul Quraa, Karyaman, untuk kemudian diabadikan di masjid kebanggaan masyarakat Bumi Lamaddukelleng itu.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Amran menyampaikan kesyukurannya bisa menghadirkan mushaf akbar hasil tulisan Ustaz Usman. Menurutnya, keberadaan mushaf ini akan menjadi mushaf induk Al-Qur'an di Kota Sutera.

"Kita berharap ini akan menjadi spirit untuk menyiapkan generasi qur'ani dan generasi penghafal Al-Qur'an sebagaimana yang selama ini menjadi salah satu program prioritas Pemkab Wajo," kata kepala daerah yang juga dikenal sebagai dai ini.

Diketahui, mushaf akbar ini berukuran 120 x 90 cm (terbuka 180 cm) dengan ketebalan 20 cm. Diitulis Ustaz Usman selama lebih satu tahun. Mushaf di Wajo ini merupakan mushaf ketujuh yang telah ditulisnya selama ini.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

Beratnya sekitar 270 kg, jumlah halaman 605, menggunakan kertas jasmine cream paper, jenis huruf khat naskhi dengan rasm Utsmani, serta peti/boks dan alas silang terbuat dari kayu cendana/jati yang diukir.

Sebelumnya, pada pelaksanaan salat Jumat, Amran yang bertindak selaku khatib.

#pemkab wajo #Amran Mahmud