Rabu, 26 Oktober 2022 13:39

Tips Menginap di Hotel agar Lebih Nyaman, Anda Wajib Tahu!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock/Dragon Images)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock/Dragon Images)

Bukan hanya aturan tertulis, sebenarnya ada sejumlah hal lain yang sebaiknya diketahui oleh tamu saat menginap di hotel.

RAKYATKU.COM - Sering menginap di hotel untuk liburan atau perjalanan bisnis? Anda pasti tahu bahwa ada sejumlah hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

Apabila dilanggar, tamu hotel bisa ditegur, bahkan dikenakan biaya tambahan saat check out. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan ketentuan yang berlaku di hotel tersebut.

Bukan hanya aturan tertulis, sebenarnya ada sejumlah hal lain yang sebaiknya diketahui oleh tamu saat menginap di hotel. Selain untuk menghindari biaya tambahan, tujuannya supaya pengalaman menginap lebih menyenangkan dan nyaman.

Di mana pun Anda menginap, baik hotel di Jawa maupun luar Jawa, seperti hotel di Palembang, hal ini berlaku. Sah-sah aja buat liburan dan staycation sekarang! Lebih untung dengan #TravelokaStaycationWeek 2022 diskon hingga 70 persen untuk berbagai produk Traveloka! Periode booking 21 Oktober - 3 November 2022.

1. Check In setelah Waktu yang Ditentukan
Pada umumnya, waktu check in di hotel adalah pukul 14.00 tiap hari. Aturan ini diberlakukan karena alasan yang masuk akal. Sebelumnya, staf hotel harus membersihkan kamar setelah digunakan oleh tamu lain. Tamu hotel biasanya check out sebelum pukul 12.00. Nah, jeda itu diperlukan untuk membuat kamar hotel layak ditempati kembali.

Apakah sebelum waktu check in bisa masuk kamar? Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada staf hotel. Ada pula yang membolehkan tamu untuk masuk, khususnya jika kamar tersebut kosong sejak awal. Namun, jangan lupa untuk memastikan jika Anda tidak dikenakan biaya tambahan untuk hal tersebut.

2. Jangan Lupa Membawa Identitas Diri
Saat akan menginap di hotel, Anda perlu memperlihatkan identitas diri atau KTP. Jika sudah melakukan booking kamar, staf hotel ingin melakukan pemeriksaan apakah tamu yang datang sesuai dengan nama pemesan.

Apabila hotel tersebut dipesankan oleh orang lain, sebaiknya nama tamu yang menginap tetap disematkan untuk memudahkan pemeriksaan. Tamu yang menginap nantinya wajib memperlihatkan identitas dirinya kepada staf hotel.

3. Jangan Menghilangkan Kunci Kamar
Anda akan mendapatkan kunci kamar saat menyelesaikan proses check in. Kunci tersebut juga biasanya berfungsi sebagai power card. Saat masuk kamar, tempatkan kunci pada ruang yang tersedia agar semua peralatan listrik di dalam kamar bisa menyala dan digunakan.

Bahkan, pada sebagian hotel, kunci kamar juga berfungsi sebagai akses menggunakan lift. Jadi, Anda hanya bisa menuju lantai kamar dengan menggunakan kunci tersebut. Jangan sampai menghilangkan kunci kamar karena ada charge lumayan besar untuk menggantinya. Selain itu, Anda akan repot karena tidak bisa masuk ke kamar.

4. Jangan Asal Mengambil Makanan dan Minuman
Sejumlah hotel menyediakan makanan ringan dan minuman kepada tamu di dalam kamar. Makanan dan minuman ini biasanya merupakan complimentary atau bisa diambil secara gratis.

Namun, jika ragu, Anda perlu memastikannya terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menghindari adanya biaya tambahan yang harus dibayar. Walaupun sederhana, menikmati complimentary merupakan salah satu keseruan saat menginap di hotel.

5. Tutup Pintu Kamar Mandi Saat Digunakan
Tiap kamar hotel biasanya dilengkapi dengan alat sensor yang bisa mendeteksi adanya kepulan asap. Jika melebihi batas maksimal, alarm kebakaran akan berbunyi. Dengan alat ini, kebakaran bisa diketahui dan ditangani dengan cepat.

Nah, kamar mandi yang dilengkapi dengan air panas biasanya mengeluarkan uap. Jika uap tersebut masuk ke kamar, alat sensor bisa keliru dan menganggapnya sebagai sinyal kebakaran. Sebaiknya, tutuplah pintu kamar mandi saat sedang menyalakan air panas untuk menghindari insiden ini.

6. Jangan Mengganti Power Card dengan Kartu Lain
Sebagian orang mungkin tidak terpikir untuk melakukan hal ini. Namun, ada yang mengakali fungsi power card sekaligus kunci itu dengan menyematkan kartu lain di slot yang tersedia. Tujuannya supaya aliran listrik tetap mengalir walaupun power card dicabut.

Biasanya ini dilakukan saat tamu ingin meninggalkan kamar tetapi sedang mengisi daya pada perangkat elektronik. Jangan sekali-kali melakukan hal ini. Risikonya adalah korsleting listrik dan dapat membahayakan Anda maupun seisi hotel.

7. Jangan Membawa Pulang Barang Hotel
Aturan ini berlaku bagi semua tamu yang menginap di hotel. Anda tidak boleh membawa pulang barang-barang yang ada di kamar seperti handuk, bantal, teko listrik, hair drier, dan sebagainya. Jika pihak hotel mengetahui pelanggaran tersebut, Anda akan dikenakan biaya yang tidak murah.

Barang-barang yang ada di hotel sebaiknya digunakan saat berada di hotel. Keberadaan barang tersebut untuk membuat pengalaman menginap Anda lebih menyenangkan. Karena itu, sebaiknya pahami aturan tersebut untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

8. Jangan Check Out setelah Waktu yang Ditentukan
Seperti check in, ada waktu maksimal check out yang harus dipatuhi oleh tamu hotel. Biasanya, tamu harus check out pada pukul 12.00. Setelah waktu tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan jika masih berada di dalam kamar.

Inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menginap di hotel. Mau menginap di hotel di Medan atau Palembang dan hotel lainnya? Jangan sampai melanggar agar tidak dikenakan biaya tambahan. 

#Tips Nyaman Menginap di Hotel