Sabtu, 22 Oktober 2022 17:34

Melayat di Bulukumba, IAS Kenang Andi Sukri Sappewali sebagai Pejuang Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilham Arief Sirajuddin (tengah), dan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin (kiri), saat melayat di Ponre, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (22/10/2022), disambut Andi Anwar Purnomo, putra mendiang Andi Sukri Sappewali.
Ilham Arief Sirajuddin (tengah), dan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin (kiri), saat melayat di Ponre, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (22/10/2022), disambut Andi Anwar Purnomo, putra mendiang Andi Sukri Sappewali.

"... Beliau selalu memikirkan bagaimana mencari ruang legitimasi agar Bulukumba ini dicap sebagai daerah besar. Jadi, kalau saya ini selalu menyebut beliau sebagai pejuang daerah Bulukumba," kata IAS.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), mengaku sangat kehilangan dengan berpulangnya mantan Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali. Hal ini diutarakan IAS saat melayat di Ponre, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (22/10/2022).

"Saya rasanya tidak percaya. Dua hari lalu masih komunikasi soal putusan finalnya gabung ke salah satu partai. Tiba-tiba dengar kabar duka dalam perjalanan ke Makassar dari Jakarta," ujar IAS saat bertemu putra mendiang, Andi Anwar Purnomo.

IAS memeluk erat Aan, sapaan Andi Anwar Purnomo, sembari bercerita bagaimana semangat mengabdi mendiang tidak padam setelah berakhir masa jabatan sebagai bupati.

Baca Juga : Berbagai Kalangan Doakan dan Dukung IAS Pimpin Sulsel 2024 Mendatang

"Beliau ini punya cita-cita agar Bulukumba pada akhirnya punya wakil di DPR RI. Beliau selalu memikirkan bagaimana mencari ruang legitimasi agar Bulukumba ini dicap sebagai daerah besar. Jadi, kalau saya ini selalu menyebut beliau sebagai pejuang daerah Bulukumba," kata IAS.

Aan menimpali salah satu sosok yang paling banyak ayahnya ajak komunikasi saat ini adalah IAS. "Mohon doa-ta, Kak. Kalau cerita soal politik di rumah, nama-ta selalu Etta sebut. Beliau juga punya niat antar-ki jadi gubernur," kenang Aan yang juga Anggota DPRD Sulsel.

Jenazah Andi Sukri disalatkan di Masjid Besar Nutul Ittihad Gantarang. Tampak Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, dan Bupati Takalar, Syamsari Kitta, ikut dalam jemaah salat jenazah.

Baca Juga : RAPI-Auto Fox Hunting Series Bakal Jelajahi Sulsel, Berjarak 1.314 Km

Andi Sukri tutup usia Sabtu (22/10/2022) dini hari. Hanya berselang dua jam setelah mengunggah status WhatsApp ucapan ulang tahun untuk dirinya sendiri.

"Tidak ada gejala sakit atau keluhan. Pernah ada gejala jantung, tapi sudah sembuh setelah berobat di Malaysia. Atas nama keluarga, saya memohon beliau didoakan dan dimaafkan jika punya salah," kata Aan.

Salah satu putra terbaik Bulukumba tutup usia pada hari ulang tahunnya yang ke-66. Mantan Bupati Bulukumba dua periode ini lahir di Ponre, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, pada 22 Oktober 1956.

#Ilham Arief Sirajuddin #Andi Sukri Sappewali