Rabu, 19 Oktober 2022 21:29

POSE Masuk Top 6 Inovasi Tingkat Provinsi, Wali Kota Makassar Terima Penghargaan di Hari Jadi Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diserahkan pada mementum Hari Jadi ke-353 Sulsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022).
Penghargaan diserahkan pada mementum Hari Jadi ke-353 Sulsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022).

Inovasi POSE merupakan Penjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Sekolah yang diimplementasikan di SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar sebagai respons dari rendahnya perilaku hidup bersih sehat (PHBS) pada peserta didik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinisi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) atas inovasi POSE (Pajaga Sikola Salewangang).

Penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kepada Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), pada mementum Hari Jadi ke-353 Sulsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022).

Inovasi POSE yang diimplementasikan SDN Kompleks Sambung Jawa masuk sebagai Top 6 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Sulsel 2022.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Pada momentum Hari Jadi Sulsel, Danny Pomanto mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pemprov Sulsel karena telah memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan Pemkot Makassar.

"Saya mengucapkan terima kasih kalau semua yang kita buat mendapatkan penghargaan. Insyaallah capaian ini akan membuat kita bekerja terus dan melayani warga dengan baik," kata Danny Pomanto.

Usai menerima penghargaan, Danny Pomanto memberi apresiasi ke perangkat daerah lingkup Pemkot Makassar yang terus menorehkan prestasi dengan melahirkan inovasi.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

“Harapan kita semakin banyak ide-ide kreatif yang lahir sehingga menjadikan Makassar lebih baik ke depannya, dan inovasi ini akan terus kita tingkatkan," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Danny Pomanto berharap di usia yang ke-353 tahun, Sulsel bisa menjadi provinsi yang terbaik dan dibanggakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Tentunya juga dapat saling bersinergi dengan kabupaten/kota," ungkapnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Diketahui, inovasi POSE merupakan Penjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Sekolah yang diimplementasikan di SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar sebagai respons dari rendahnya perilaku hidup bersih sehat (PHBS) pada peserta didik.

Inovasi ini dikembangkan melalui kerja sama antara pihak sekolah, mulai dari peserta didik, guru, orang tua, dengan instansi terkait dan lembaga pemerhati pendidikan yang fokus mendukung peningkatan PHBS di sekolah.

Melalui inovasi ini dibentuk agen PHBS dari kalangan peserta didik yang dikenal dengan istilah punggawa dan gallarang.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Punggawa adalah bahasa Makassar yang artinya pimpinan atau koordinator PHBS di tiap kelas. Sementara, gallarang memiliki arti ketua kelompok atau koordinator PHBS kelompok-kelompok kecil yang membantu tugas punggawa.

Selain POSE, inovasi MARIKI’ (Magang Mandiri Khusus Alumni) dari Dinas Perpustakaan masuk sebagai Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulsel 2022.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #hari jadi ke-353 sulsel