Rabu, 05 Oktober 2022 11:19

NIPAH PARK Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) Kementerian ESDM

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
NIPAH PARK Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) Kementerian ESDM

Penyelenggaraan PSBE terbagi dalam 3 (tiga) kategori, yaitu Gedung Hemat Energi. Kategori ini menitikberatkan pada penilaian desain dan teknologi peralatan yang digunakan di gedung yang dapat mengurangi konsumsi energi.

RAKYATKU.COM,JAKARTA-- NIPAH PARK, salah satu unit bisnis yang dikelola oleh Kalla Property (PT Kalla Inti Karsa) meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) sebagai Juara 3 (tiga) Kategori Gedung Hemat Energi, Sub Kategori Gedung Tropis (Tropical Building).

Penghargaan diberikan secara langsung kepada Chief Executive Officer Kalla Property, Ricky Theodores, pada Rabu, 5 Oktober 2022 oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Energi, & Sumber Daya Mineral, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Ricky Theodores mengungkapkan bahwa penghargaan ini menjadi bukti kepedulian NIPAH PARK dalam hal konservasi energi serta lingkungan hidup.

“Penghargaan PSBE 2022 ini sekaligus menjadi penambah motivasi bagi NIPAH PARK untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam konservasi energi yang juga mendukung program pemerintah menuju zero emission,” ungkap Ricky.

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) digelar sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya efisiensi energi dan konservasi energi. Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2012 dengan nama Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN). Tahun ini diikuti oleh 195 peserta dan terpilih 40 pemenang dalam berbagai kategori.

Penyelenggaraan PSBE terbagi dalam 3 (tiga) kategori, yaitu Gedung Hemat Energi. Kategori ini menitikberatkan pada penilaian desain dan teknologi peralatan yang digunakan di gedung yang dapat mengurangi konsumsi energi.

Selain itu, kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung. Kategori ini menitikberatkan pada penerapan langkah-langkah penghematan energi yang sistematis dan berkelanjutan atau manajemen energi bagi pengelola gedung dan industri. Kategori ketiga, Penghematan Energi di Instansi Pemerintah yang akan diikuti oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Ricky juga menambahkan bahwa NIPAH PARK sebelumnya juga berhasil mendapatkan Sertifikasi Bangunan Hijau di Indonesia berdasarkan penilaian Greenship dari Green Building Council Indonesia dengan kategori Gold, menjadikan NIPAH PARK sebagai gedung komersial pertama di Indonesia Timur dengan predikat Green Building.

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2022 merupakan salah satu upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong pencapaian target efisiensi energi nasional sebesar 17% pada tahun 2025 dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% pada tahun 2030.

Sustainable features yang diimplementasikan di NIPAH PARK diharapkan mampu menjadi salah satu kontributor dalam mendorong pencapaian target tersebut. Di mana dalam proses perencanaan, pembangunan, pengoperasian, dan perawatan selalu mengutamakan penghematan sumber daya alam seminimal mungkin. Bangunan dengan konsep terbuka, sehingga konsumsi energi lebih sedikit.

Penghargaan PSBE ini tentunya merupakan salah satu momentum yang semakin menguatkan kampanye Walk Through the Park yang sedang digaungkan oleh NIPAH PARK, menguatkan positioning NIPAH PARK yang tak hanya hadir sebagai pusat perbelanjaan pada umumnya, tetapi sebagai ruang publik yang lebih ramah dan sustainable (berkelanjutan), serta menjadi solusi bagi segala kebutuhan pengunjung dan masyarakat secara luas.

Konsep green building NIPAH PARK merupakan gabungan atau kombinasi efisiensi energi dan dampak material bagi penghuni, baik pengunjung maupun pengelola gedung. Sebuah konsep holistik yang dimulai dengan pemahaman bahwa lingkungan yang dibangun dapat menimbulkan dampak, baik pada lingkungan hidup, juga orang-orang yang ada didalamnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Kalla Group akan isu lingkungan.

Penulis : Lisa Emilda