Sabtu, 01 Oktober 2022 14:04

Pengertian Narkoba dan Macam-macamnya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Unspalsh @jamesyarema)
Ilustrasi. (Foto: Unspalsh @jamesyarema)

Sebagian besar narkoba yang dikonsumsi akan menyebabkan ketergantungan kimia atau psikologis dan dapat menyebabkan kematian jika terjadi overdosis.

RAKYATKU.COM - Narkoba didefinisikan sebagai zat apa pun, alami atau sintetis, yang ketika dikonsumsi dapat mengubah fungsi normal penggunanya. Narkoba juga disebut narkotika atau napza.

Kebanyakan narkoba dihasilkan dari tanaman, seperti ganja, yang terbuat dari Cannabis sativa dan Opium dari bunga poppy. Lainnya diproduksi di laboratorium (sintetik), seperti ekstasi dan Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Sebagian besar narkoba yang dikonsumsi akan menyebabkan ketergantungan kimia atau psikologis dan dapat menyebabkan kematian jika terjadi overdosis. Ada tes medis yang dapat mendeteksi keberadaan berbagai obat di dalam tubuh yang disebut tes toksikologi.

Pengguna yang mencoba untuk berhenti menggunakan narkoba dapat menderita sindrom penarikan atau istilah populernya sakau yang merupakan reaksi tubuh terhadap zat narkoba yang tiba-tiba berkurang atau terhenti sama sekali.

Memiliki Masalah dengan Ketergantungan Narkoba?

 

Napza adalah singkatan dari narkotika psikotropika dan zat adiktif. Zat ini jika disalahgunakan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental penyalahgunanya.

Solusi terbaik untuk membantu anggota keluarga pulih dari masalah kecanduan narkoba ya itu dengan cara membawanya ke tempat rehabilitasi narkoba yang tepat di Ashefa Griya Pusaka. Buat Anda yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) bisa langsung cek ke lokasi, ya!

Sponsored by MGID

Buat Anda yang ada di luar Jawa Barat, seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Sulawesi, Maluku, hingga Papua, bisa berkonsultasi lewat hotline untuk informasi lebih lanjut.

Narkoba dari Alam

Di bawah ini adalah jenis utama dari narkoba yang berasal dari alam.

Ganja
Salah satu narkoba yang paling populer, ganja dikonsumsi melalui gulungan kertas yang mengandung zat tersebut. Itu terbuat dari tanaman Cannabis sativa. Ada variasi yang disebut Skunk dengan kandungan THC yang sangat tinggi, serta ada juga Hashish.

Opium
Jenis narkoba yang sangat adiktif, Opium terbuat dari bunga poppy. Efek utamanya adalah mengantuk, muntah dan mual, di samping kehilangan kemampuan otak (seperti kebanyakan efek narkoba lain). Juga ada kelompok Opiat yang terdiri dari kodein, heroin, morfin, dll.

Psilocybin
Zat yang ditemukan pada jamur, Psilocybin memiliki efek halusinasi.

Dimethyltryptamine (DMT)
Konsekuensi utama dari konsumsinya adalah gangguan pada sistem saraf pusat. Digunakan dalam ritual keagamaan.

Kafein
Ini adalah stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia - ditemukan dalam kopi, teh, soda, dan cokelat.

Jamur Halusinogen
Beberapa jamur seperti Amanita muscaria dapat menyebabkan halusinasi.

Nikotin
Ditemukan dalam tembakau.

Narkoba Sintetis

Di bawah ini adalah jenis utama dari narkoba yang berasal dari bahan sintetis

Amfetamin
Efek utamanya adalah stimulan yang membuat penggunanya bisa terjaga dalam waktu lama.

Barbiturat
Obat penenang yang kuat, menyebabkan ketergantungan kimia yang tinggi pada penggunanya.

Ekstasi
Obat yang sangat halusinogen, menyebabkan kecemasan yang kuat, mual, dll.

LSD
Halusinogen kuat lainnya yang menyebabkan ketergantungan psikologis.

Metamfetamin
Jenis obat ini digunakan dalam terapi di banyak negara, tetapi dilarang karena penyalahgunaan dan akibat merusak dari obat tersebut.

Narkoba Semisintetis

Di bawah ini adalah jenis utama dari narkoba yang berasal dari bahan semisintetis.

Heroin
Adalah salah satu narkoba yang paling merusak, sangat adiktif dan menyebabkan penuaan cepat pada pengguna dan depresi berat ketika efeknya hilang.

Kokain dan Crack
Bubuk yang dihasilkan dari daun koka, dan crack adalah versi kristal dari obat ini. Sangat adiktif, dengan cepat memperburuk kondisi tubuh pecandu, juga menyebabkan hilangnya daya memori, halusinasi, kecemasan, dll.

Morfin
Ini adalah obat yang digunakan terutama untuk menghilangkan rasa sakit di seluruh dunia. Hal ini juga menyebabkan ketergantungan kimia pada penggunanya.

Narkoba saat ini menjadi masalah utama di masyarakat dan sangat mengkhawatirkan sebab banyak pengguna muda yang terjerumus di dalamnya. Dengan memahami pengertian narkoba dan jenis-jenisnya maka diharapkan para remaja tak ingin mencoba-cobanya.

#Mengenal Bahaya Narkoba