Kamis, 29 September 2022 09:05

Hadirkan Damtor di Kecamatan, Wali Kota Makassar: Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mencoba unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) di pelataran kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Rabu (28/9/2022).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mencoba unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) di pelataran kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Rabu (28/9/2022).

Penyerahan aset Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) ini akan dilakukan pada Oktober nanti di masing-masing kecamatan dan akan disebar di 53 titik kelurahan se-Kota Makassar sebagai tahap awal.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Maraknya kebakaran yang terjadi dengan kondisi jalan yang sempit maupun susah diakses armada pemadam kebakaran membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggagas hadirnya Pemadam Kebakaran Motor (Damtor). Rencananya akan ditempatkan di masing-masing kelurahan se-Makassar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Hasanuddin, di pelataran kantornya, Jalan Ratulangi, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, saat ini jumlah Damtor yang siap digunakan, yakni 27 unit dan sisanya menunggu pengiriman secara bertahap.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

“Jadi kami sudah punya 27 unit Damtor dan menunggu sisa pengiriman 26 unit di bulan Oktober mendatang dengan total keseluruhan 53 unit. Damtor ini akan ditempatkan di kelurahan sebagai armada sigap ketika ada kebakaran sembari menunggu armada damkar tiba di lokasi kejadian," kata Hasanuddin.

Ditambahkannya, penyerahan aset Damtor ini akan dilakukan pada Oktober nanti di masing-masing kecamatan dan akan disebar di 53 titik kelurahan se-Makassar sebagai tahap awal.

"Jadi, untuk sekarang jika semua unit sudah terkumpul, maka kami akan menyerahkan aset langsung ke kecamatan untuk selanjutnya ditempatkan di titik-titik strategis kelurahan. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ditambah unitnya sesuai dengan kebutuhan di tahun mendatang," terangnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Sementara, untuk pengisian Damtor sendiri diakuinya akan melalui Peka Rong yang merupakan akronim dari pemadam kebakaran lorong dengan tangki dan mesin pompa.

Untuk Peka Rong sendiri mampu menjangkau hingga radius 200 meter dan jika jarak lokasi kebakaran melebihi 200 meter akan digunakan Damtor.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), berharap dengan adanya Peka Rong dan Damtor ini bisa menjadi alternatif dan pertolongan pertama saat warga mendapat musibah kebakaran.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Ini upaya yang kita lakukan untuk segera dan sigap membantu warga yang nantinya terkena musibah. Peka Rong dan Damtor harus dimaksimalkan penggunaannya untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan," jelas Danny Pomanto.

 

#pemkot makassar #Dinas Damkar Makassar