Senin, 12 September 2022 13:26

Balusu Ditetapkan Jadi Kampung Siaga Bencana di Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan A.B.
Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan A.B.

Kecamatan Balusu merupakan wilayah yang sering terkena dampak bencana banjir. Bahkan, dampak bencana banjir di daerah ini sudah menelan korban jiwa.

RAKYATKU.COM, BARRU - Program nasional Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, telah ditetapkan di Kecamatan Balusu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Abustan A.B., mengatakan pencanangan KSB diharapkan memberikan entry point untuk betul-betul mempersiapkan masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana agar selalu siap siaga

Salah satu kegiatan KSB adalah program Tagana Masuk Sekolah (TMS). Abustan berpesan agar melibatkan siswa sekolah dasar (SD). "Tujuannya agar mereka bisa memahami lebih dini tentang penanggulangan bencana," kata Abustan, Senin (12/9/2022).

Baca Juga : BLT-DD Cair! 60 Keluarga di Desa Siddo Terima Bantuan Rp300.000

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Barru, Syarifuddin, dalam laporannya mengatakan KSB bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana baik pencegahan maupun dalam penanganan bencana yang nantinya akan membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat.

“Kampung Siaga Bencana adalah wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana. Ada relawan yang dilatih, ada kegiatan sosialisasi dan mereka yang telah dilatih mampu menularkan kemampuannya kepada warga yang yang lain,” beber Syarifuddin.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Barru ini ini juga menyampaikan alasan dipilihnya Kecamatan Balusu sebagai lokasi KSB. Kecamatan ini, kata dia, adalah wilayah yang sering terkena dampak bencana banjir. Bahkan, dampak bencana banjir di daerah ini sudah menelan korban jiwa.

Baca Juga : Duka Mendalam Pemkab Barru, Bupati Lepas Jenazah Almarhum Kadis Dukcapil

Syarifuddin menyampaikan, kegiatan KSB akan berlangsung 15-17 September 2022 mendatang.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru