Sabtu, 10 September 2022 20:18

Masih Dalam Rangka HUT ke 70, KALLA Tanam 32.000 Mangroove di Kabupaten Pangkep

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masih Dalam Rangka HUT ke 70, KALLA Tanam 32.000 Mangroove di Kabupaten Pangkep

Penanaman Manggroove sebagai aksi Kalla Hijau, Penanaman 70.000 pohon dibagi dua kegiatan, 32.000 pohon sebagai manggroove aksi lestari dan 38.000 aksi hutan lestari

RAKYATKU.COM,PANGKEP-- KALLA sukses menggelar penanaman 32.000 mangrove di Kepiting Tambak Desa Tekolabbua, Kecamatan Pangkaje'ne, Kabupaten Pangkep, Sabtu (10/9/2022). Kegiatan ini digelar dalam rangka HUT ke-32 Kalla Lines dan HUT ke-70 Kalla Group.

Penanaman mangrove menjadi bagian dari aksi "Kalla Hijau - Penanaman 70.000 Pohon". Kegiatannya terdiri atas dua bagian, yakni Aksi Mangrove Lestari 32.000 pohon dan Aksi Hutan Lestari 38.000 pohon.

Beberapa manfaat mangrove, diantaranya menyimpan karbon 5 kali lebih banyak daripada hutan tropis dataran tinggi, meredam gelombang besar hingga melindungi bangunan tanaman pertanian dari kerusakan akibat badai atau angin. Selain itu, are mangrove juga berfungsi sebagai habitat 100 lebih jenis ikan serta membantu proses pengendapan lumpur yang berhubungan erat dengan penghilangan racun dan unsur hara air.

Secara simbolis, pohon mengrove ditanam langsung oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lologau bersama jajaran Direksi KALLA yang dihadiri oleh Finance Director KALLA, Imelda Jusuf Kalla; CEO Kalla Development & Construction, Zumadi SM Anwar; Chief Corporate Secretary & Legal Officer, Subhan Djaya Mappaturung serta COO Kalla Lines, Muhammad Naim.

"Kegiatan CSR ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus berkontribusi bersama masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kali ini, kami memilih mangrove yang kita ketahui membawa banyak manfaat bagi kelesterian alam, khususnya keberlangsungan ekosistem laut," ungkap Muhammad Naim, COO Kalla Lines.

 

Imelda Jusuf Kalla selaku Corp Finance Director KALLA mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan rangkaian HUT ke 70 KALLA. "Penanaman 32 Ribu Bibit Mangroove ini adalah awal dari Kick Off 70.000 Pohon yang secara simbolis sesuai dengan usia KALLA pada tahun ini. Di usia ke 70 tahun ini, kami memang fokus pada program-program CSR yang berdampak langsung kepada masyarakat khususnya Lingkungan hidup," ujarnya.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lologau juga mengapresiasi perhatian KALLA sehingga menggelar program CSR di wilayah Kabupaten Pangkep. "Terima kasih kami ucapkan kepada Keluarga besar KALLA atas perhatiannya dalam kelestarian ekosistem mangroove. Tentu bantuan CSR dari KALLA ini akan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. Tugas kami selanjutnya untuk merawat dan melestarikannya untuk anak cucu kami," sambutnya.

Sponsored by MGID

Kegiatan penanaman Mangroove ini juga diikut oleh puluhan volunteer yang berasal dari 17 Karyawan KALLA dan 14 volunteer eksternal yang berasal dari berbagi komunitas pemerhati lingkungan hidup dan mangroove serta dibantu oleh kelompok tani Nelayan Sejahtera Kab. Pangkep.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Hadji Kalla dan Kalla Lines bersama Pemerintah Kabupaten Pangkep dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Sebelumnya, penanaman 1.000 mangrove juga telah digelar KALLA melalui PT Bumi Karsa di Sungai Bogowonto Yogyakarta, Agustus 2022 lalu.

Penulis : Lisa Emilda