Senin, 29 Agustus 2022 18:13

Siap-siap! Naskah Soal Seleksi PPPK 2022 Sudah Rampung

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Serah terima terima berita acara Naskah Soal Seleksi Kompetensi Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara PPPK dari dari Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti kepada Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni di Jakarta, Senin (29/08). Foto: Kemenpan RB
Serah terima terima berita acara Naskah Soal Seleksi Kompetensi Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara PPPK dari dari Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti kepada Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni di Jakarta, Senin (29/08). Foto: Kemenpan RB

Naskah soal yang telah diserahkan akan digunakan dalam seleksi kompetensi PPPK tahun 2022.

JAKARTA -- Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 telah menerima Naskah Soal Seleksi Kompetensi Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), pada Senin (29/8/2022). Pada saat yang bersamaan, juga dilakukan penyerahan Naskah Soal Seleksi Kompetensi Teknis Jabatan Fungsional Dosen.

Naskah soal diterima secara simbolis Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti, di Jakarta. Dalam hal ini, Kemendikbudristek tidak hanya bertindak sebagai bagian dari Panselnas, tetapi juga sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Dosen.

Alex yang mewakili Panselnas, mengungkapkan di dalam pengadaan ASN, Panselnas selalu berkontemplasi demi perbaikan pengadaan ASN dan transformasi SDM aparatur secara menyeluruh. “Panselnas terbuka terhadap berbagai masukan agar transformasi (SDM aparatur) ini tidak dicederai oleh kejadian yang tidak diharapkan,” ujar Alex.

Baca Juga : Delapan Guru PPPK Lingkup Kemenag Wajo Dilantik

Naskah soal yang telah diserahkan akan digunakan dalam seleksi kompetensi PPPK tahun 2022. Seleksi kompetensi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan calon pelamar. Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. Hal ini juga demi menjamin transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam setiap tahapannya.

Tim Panselnas yang terdiri dari Kementerian PANRB, BSSN, BPKP, BRIN, dan BKN ikut terlibat dalam pengawasan dan pengamanan kegiatan penyusunan dan transfer naskah soal PPPK" href="https://rakyatku.com/tag/seleksi-pppk">seleksi PPPK. Alex yang merupakan Sekretaris Tim Pengarah Panselnas Pengadaan CASN Tahun 2022 menyampaikan apresiasinya kepada Kemendikbudristek yang telah mengoordinasikan penyusunan naskah soal Seleksi Kompetensi dan Wawancara PPPK, serta naskah soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK untuk JF Dosen dengan baik.

 

Panselnas diharapkan dapat tetap solid dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan soal sejak diterima, ditransfer dari server Kemendikbudristek ke server BKN, dan sampai dengan digunakan untuk proses seleksi nantinya. “Mari kita kawal, kelola serta manfaatkan dengan baik dan bertanggung jawab agar seluruh proses seleksi bisa berjalan dengan lancar,” tandas Alex.

Baca Juga : Pendaftaran 928 Formasi PPPK Pemkab Gowa Sudah Dibuka

Naskah soal Seleksi Kompetensi PPPK dan PPPK JF Dosen yang disusun merupakan hasil evaluasi secara detail dari pelaksanaan seleksi tahun sebelumnya. Evaluasi yang dimaksud mulai dari tingkat kesulitan soal hingga distribusi aneka ragam dimensi sehingga dirumuskan penyesuaian-penyesuaian. “Kita memastikan soal-soal yang disusun benar benar dikonstruksi secara lebih baik untuk penjaminan mutu,” jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti.

Sponsored by MGID

Suharti mengatakan, Kemendikbudristek ingin memastikan kualitas pembelajaran di pendidikan formal maupun nonformal bisa dilakukan secara berkualitas dan penuh tanggung jawab moral. Salah satu caranya dengan memastikan dosen yang direkrut adalah SDM yang memiliki kompetensi mumpuni dan profesional.

“Semoga apa yang sudah disiapkan ini bisa membantu berkontribusi lebih baik lagi dalam penyiapan SDM di Indonesia. Kita semua berharap ASN di Indonesia tidak hanya menjadi pegawai negara, tetapi juga mampu menjadi agen pembaharu dan corong dari pemerintah,” pungkas Suharti. 

#seleksi pppk #PPPK