Jumat, 26 Agustus 2022 10:02

Tips Cerdas Memilih Mobil untuk Keluarga Tersayang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Saat ini, ada banyak sekali mobil jenis MPV atau mobil keluarga dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Mulai dari fitur yang lebih unggul, desain lebih menarik, hingga ukuran kabin lebih besar.

RAKYATKU.COM - Memilih mobil keluarga membutuhkan pertimbangan yang berbeda apabila dibandingkan dengan memilih mobil untuk kebutuhan pribadi. Mobil pribadi bisa dipilih sesuka hati sesuai dengan selera.

Sementara, untuk memilih mobil keluarga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar Anda tidak salah pilih yang kemudian berakhir dengan penyesalan.

Salah satu poin penting dalam memilih mobil keluarga adalah kenyamanan anggota keluarga. Selain membutuhkan mobil yang mampu menampung banyak penumpang, hal lain yang tidak boleh dilupakan, yaitu asuransi mobil.

Beberapa rekomendasi pilihan asuransi mobil terbaik dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Sementara itu, untuk jenis kendaraan yang bisa dipilih adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diketahui menjadi salah satu jenis mobil paling banyak diminati masyarakat. Salah satu alasannya, memiliki kapasitas penumpang yang cukup besar.

Saat ini, ada banyak sekali mobil jenis MPV atau mobil keluarga dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Mulai dari fitur yang lebih unggul, desain lebih menarik, hingga ukuran kabin lebih besar.

Tips Memilih Mobil Keluarga untuk Sehari-hari Maupun Jarak Jauh
Banyaknya pilihan mobil keluarga mungkin membuat Anda sedikit bingung dalam menentukan mobil yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih mobil keluarga yang nyaman untuk kegiatan sehari-hari maupun perjalanan jauh.

Kapasitas penumpang dan ruang penyimpanan yang luas
Poin penting dalam memilih mobil keluarga adalah kapasitas penumpang dan ruang penyimpanan yang luas. Hal ini tentu saja agar semua keluarga Anda dapat masuk dalam mobil.

Tidak hanya itu, semakin banyak penumpang maka semakin banyak pula barang yang dibawa. Terutama ketika Anda sedang melakukan perjalanan jauh bersama keluarga.

Mobil dengan ruang yang luas akan memberikan kenyamanan pada penumpangnya. Sehingga berkendara bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa lelahnya.

Keamanan dan keselamatan
Tidak ada yang tahu hal apa yang akan terjadi ketika sedang berkendara dijalan raya. Untuk itu sangat penting untuk memiliki mobil dengan fitur keamanan dan keselamatan.

Ada beberapa fitur keamanan yang dibutuhkan seperti airbag, anti lock braking system, hingga electric brake force distribution. Seperti dijelaskan sebelumnya, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah asuransi mobil.

Harga yang sesuai dengan budget
Harga menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih mobil keluarga. Harga ini harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Anda perlu mempertimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran dalam sebulan dengan harga mobil yang akan dipilih. Hal ini untuk menghindari kesulitan finansial yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Spare part yang mudah didapatkan
Spare part menjadi komponen yang penting untuk sebuah kendaraan bermotor seperti mobil. Maka sangat penting untuk memastikan bahwa mobil yang akan dibeli memiliki spare part yang mudah untuk ditemui.

Hal ini untuk memudahkan dalam mencari spare part ketika ada beberapa komponen yang harus diganti. Alasan yang cukup sederhana namun sangat krusial apabila diabaikan.

Desain interior dan eksterior mobil
Memilih mobil keluarga dengan desain eksterior yang elegan dapat memberikan pengalaman dan kesan yang menyenangkan untuk diri sendiri maupun keluarga. Ada rasa bangga tersendiri dengan memiliki mobil yang tidak hanya nyaman namun juga memiliki tampilan yang modern.

Desain interior juga dibutuhkan terutama untuk hiburan. Hal ini untuk menghindari anggota keluarga merasa bosan ketika harus melakukan perjalanan yang jauh.

Performa mesin
Poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah performa mesin. Mobil akan semakin nyaman apabila perpindahan gigi dan akselerasinya sangat halus.

Selain itu, juga perlu diperhatikan kapasitas mesin yang digunakan oleh mobil yang akan dibeli. Semakin besar kapasitas mesin mobil maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Penggunaan bahan bakar
Dari tahun ke tahun, tidak hanya harga mobil yang mengalami kenaikan namun harga bahan bakar juga semakin mahal. Semakin mahal bahan bakar mobil, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk lebih menekan biaya pengeluaran, ada baiknya Anda memilih mobil keluarga yang hemat bahan bakar. Anda juga perlu mempertimbangkan mobil yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi polusi di bumi.

Demikian beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih mobil keluarga. Apapun jenis mobil yang akan Anda beli nantinya, jangan lupa untuk memilih beberapa rekomendasi pilihan asuransi mobil terbaik.

#Memilih Mobil untuk Keluarga