Jumat, 19 Agustus 2022 23:02

Ketua TP PKK Makassar Sebut Lorong Wisata Cegah Trafficking

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sosialisasi Keluarga Indonesia Anti Trafficking (KIAT) di Lorong Jaya, Jalan Sibutung, Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Jumat (19/08/2022).
Sosialisasi Keluarga Indonesia Anti Trafficking (KIAT) di Lorong Jaya, Jalan Sibutung, Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Jumat (19/08/2022).

"Benahi lorong-ta', saling peduli dengan tetangga. Saat membenahi lorong secara bersama menjadikan kita bertetangga lebih dekat," kata Indira Jusuf Ismail.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - TP PKK Kota Makassar melalui Pokja I menggelar sosialisasi Keluarga Indonesia Anti Trafficking (KIAT). Sosialisasi digelar di Lorong Jaya, Jalan Sibutung, Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Jumat (19/08/2022).

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bagaimana peran Lorong Wisata (Longwis) dalam mencegah terjadinya trafficking.

"Benahi lorong-ta', saling peduli dengan tetangga. Saat membenahi lorong secara bersama menjadikan kita bertetangga lebih dekat," ujarnya.

Baca Juga : Hadiri Halal Bi Halal Bapenda, Pj Sekda Makassar Pacu Kinerja Pegawai Menuju PAD Rp2 Triliun

Indira menjelaskan, tindak kekerasan maupun trafficking atau perdagangan manusia sering terjadi pada perempuan dan anak di bawah umur. Namun, hal ini dapat dicegah jika dalam bertetangga saling mengenal dan akrab satu sama lain.

"Keluarga terdekat adalah tetangga, saling jaga-ki', saling peduli. Dan sebagai kader PKK selayaknya turut andil dalam memberi contoh di lingkungan kita masing-masing," tuturnya.

Pemanfaatan lahan pekarangan, kata dia, juga dapat menjadi wadah untuk mendekatkan dan mengakrabkan diri serta ajang sosialisasi dalam bertetangga.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Sosialisasi ini dihadiri kader PKK di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Tallo, Kecamatan Ujung Tanah, Kecamatan Ujung Pandang, Kecamatan Wajo, dan Kecamatan Sangkarrang.

Sosialisasi ini menghadirkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Achi Soleman.

#pemkot makassar #Indira Jusuf Ismail #TP PKK Kota Makassar