Selasa, 09 Agustus 2022 17:19

Serahkan Bantuan KKP RI ke Kelompok Usaha, Bupati Wajo: Gunakan Sebaik-baiknya, Tetap Berinovasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan bantuan hibah pemerintah sarana peralatan pengolahan sektor kelautan dan perikanan 2022 itu di Kantor Dinas Perikanan Wajo, Selasa (9/8/2022).
Penyerahan bantuan hibah pemerintah sarana peralatan pengolahan sektor kelautan dan perikanan 2022 itu di Kantor Dinas Perikanan Wajo, Selasa (9/8/2022).

Amran Mahmud menekankan kepada para pelaku usaha agar memiliki ketahanan usaha. Para pelaku usaha harus memprioritaskan pengembangan usahanya terlebih dahulu.

RAKYATKU.COM, WAJO - Komunikasi dan sinergi yang terjalin baik antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan pemerintah pusat kembali berbuah hasil. Kali ini beberapa kelompok usaha di Kabupaten Wajo yang mendapat perhatian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berupa bantuan sarana peralatan pengolahan sektor kelautan dan perikanan.

Total ada ampat kelompok usaha yang mendapat bantuan dari KKP RI, yakni Kelompok Sinar Harapan (Kecamatan Tempe) yang mendapatkan bantuan alat pengolahan abon ikan, Kelompok Sipakalebbi (Kecamatan Tanasitolo) mendapatkan bantuan alat pengolahan ikan, serta Kelompok Samaturue dan Kelompok Sinar Harapan I (Kecamatan Sajoanging) mendapatkan bantuan alat pengolahan kerupuk ikan.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, yang menyerahkan bantuan hibah pemerintah sarana peralatan pengolahan sektor kelautan dan perikanan 2022 itu di Kantor Dinas Perikanan Wajo, Selasa (9/8/2022). Saat penyerahan bantuan, orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu menitipkan beberapa pesan.

Baca Juga : Buka Pekan Budaya Tosora, Wakil Bupati Wajo Apresiasi Keterlibatan Seniman Muda

Amran Mahmud berharap kepada para pelaku usaha agar amanah dalam menjalankan setiap usahanya. Menurutnya, menjalankan usaha itu, selain mengejar penghasilan dan keuntungan, yang tak kalah pentingnya bagaimana mendapatkan keberkahan.

"Saya berharap dalam pengolahan dan pemasaran produk kita, misalnya ikan kering, agar tidak menggunakan pengawet yang bisa membahayakan masyarakat atau konsumen. Ini tentu akan merusak dan tidak akan berberkah," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo ini.

 

Amran Mahmud juga menekankan kepada para pelaku usaha agar memiliki ketahanan usaha. Para pelaku usaha harus memprioritaskan pengembangan usahanya terlebih dahulu.

Baca Juga : Pemilu 2024 Makin Dekat, Wakil Bupati Wajo ke ASN: Jangan Ada yang Tidak Netral di Sini!

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima bantuan. Silakan digunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Tetap berinovasi agar produk yang dihasilkan dicari dan diminati oleh dunia pasar," pesan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini.

Sponsored by MGID

Amran Mahmud juga menyampaikan terima kasih kepada KKP RI atas perhatian dan bantuannya untuk masyarakat Wajo. "Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Perikanan Kabupaten Wajo, para penyuluh, dan pendamping yang selama ini telah mendampingi masyarakat dan pengusaha kita. Saya harap kita terus mendampingi masyarakat, khususnya dalam mengembangkan usaha serta pengembangan sektor pertanian lainnya," bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Wajo, Nasfari, menyampaikan bantuan yang diserahkan kepada kelompok pelaku usaha masing-masing dalam bentuk paket alat pengolahan produk kelautan dan perikanan. Bantuan berasal dari KKP RI melalui Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP).

Baca Juga : Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemda Wajo Dukung Penuh Pelaksanaan IPDMIP

Menurut Nasfari, tujuan pemberian bantuan pemerintah ini untuk meningkatkan kapasitas dan nilai tambah produk kelautan dan perikanan. Selain itu, menjaga mutu dan keamanan hasil kelautan dan perikanan.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud