Selasa, 09 Agustus 2022 09:23

30 Penari Makassar Tampil Memukau pada Rangkaian Agenda Rakernas Apeksi dan ICE di Padang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penampilan penari asal Kota Makassar pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang dirangkaikan pelaksanaan Indonesian City Expo (ICE) ke-18 di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin malam (8/8/22).
Penampilan penari asal Kota Makassar pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang dirangkaikan pelaksanaan Indonesian City Expo (ICE) ke-18 di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin malam (8/8/22).

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menyebutkan bahwa Makassar sangat bangga menampilkan apa yang dimiliki dari segi kebudayaan.

RAKYATKU.COM, PADANG - Sebanyak 30 penari asal kota Makassar hadir secara khusus pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang dirangkaikan pelaksanaan Indonesian City Expo (ICE) ke-18 di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin malam (8/8/22).

Mereka membawakan Tari Kalompoanna Parasanganta. Penampilannya berhasil memukau seluruh peserta Rakernas Apeksi dan warga sekitar yang hadir pada malam pentas kebudayaan.

"Pak Wali Kota Makassar, (Mohammad) Ramdhan Pomanto memboyong para penari ke agenda Apeksi. Tarian ini menggabungkan gerakan empat etnis di Sulawesi Selatan yakni Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja. Alhamdulillah mendapat standing applause dari penonton," ucap Iin Yusuf Madjid, pemilik Yayasan Anging Mammiri (Yama).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Dia menjelaskan Tari Kalompoanna Parasanganta sendiri berarti Kebesaran Negeriku. Di Makassar, kata dia, penduduk terbesarnya berasal dari empat suku itu sehingga tema inipun cocok untuk ditampilkan di Padang.

Sementara, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), menyebutkan bahwa Makassar sangat bangga menampilkan apa yang dimiliki dari segi kebudayaan.

"Kita berusaha menampilkan yang terbaik. Penampilan penari ini sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya kita,” ujar Danny.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Danny juga mengatakan bahwa para penari dan jenis tariannya baru saja tampil di Sydney, Australia, pada pagelaran Centuries of Friendship antara suku Aborigin dan suku Makassar.

“Tarian ini juga sempat pentas tanggal 7 Juli kemarin di Sydney, Australia,” sebutnya.

Pada kesempatan ini pula, Danny mengundang langsung warga Padang berkunjung ke Makassar menghadiri Festival F8 Makassar yang akan digelar 7-11 September 2022 mendatang.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto