Jumat, 29 Juli 2022 22:07

Sambut Tahun Baru Islam dengan Zikir dan Doa, Bupati Wajo: Eratkan Ukhuah dan Pacu Diri untuk Kebaikan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Doa dan zikir menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 hijriah di Masjid Agung Ummul Qura’ Sengkang, Jumat (29/7/2022) malam.
Doa dan zikir menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 hijriah di Masjid Agung Ummul Qura’ Sengkang, Jumat (29/7/2022) malam.

"Mari memacu diri untuk terus berbuat kebaikan. Tahun baru Islam sangat penting untuk diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk muhasabah diri bagi seluruh elemen masyarakat termasuk para pengelola pemerintahan di lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo dan stakeholder lainnya," pesan Amran Mahmud.

RAKYATKU.COM, WAJO - Lantunan doa dan zikir dari ribuan warga dan santri di Kabupaten Wajo menggema menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 hijriah di Masjid Agung Ummul Qura’ Sengkang, Jumat (29/7/2022) malam.

Kegiatan keagamaan yang digelar Pemkab Wajo, Forkopimda, MUI, Kemenag, PKK, PHBI, dan Pondok Pesantren As’adiyah, merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan tahun baru hijriah.

Sebelum Magrib hingga Isya, ribuan jemaah memadati masjid kebanggaan masyarakat Wajo itu. Mereka khusyuk melantunkan zikir dan doa bersama serta menggelar salat berjemaah.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Bupati Wajo, Amran Mahmud, dalam sambutan tertulisnya mengatakan tahun baru Islam ini harus dijadikan momentum untuk makin merekatkan ukhuah sekaligus dalam memacu diri bangkit bersama serta menjadi insan yang lebih baik.

"Mari memacu diri untuk terus berbuat kebaikan. Tahun baru Islam sangat penting untuk diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk muhasabah diri bagi seluruh elemen masyarakat termasuk para pengelola pemerintahan di lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo dan stakeholder lainnya," pesan Amran Mahmud melalui sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Pemkab Wajo, Narwis.

Amran Mahmud yang sedang perjalanan ke Wajo setelah melakukan penandatangan kerja sama dengan Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian di Jawa Barat, menuturkan kegiatan keagamaan seperti zikir, doa, dan selawat juga bagian membersihkan diri dari segala penyakit hati yang ada dalam diri manusia.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

"Selain itu, kami harap momentum tahun baru Islam juga dapat dimanfaatkan untuk menambah kegiatan-kegiatan positif dan produktif lainnya. Dengan adanya sikap positif tentu dapat memberikan ketenangan bagi jiwa dan pikiran kita dalam menghadapi segala persoalan dan tantangan kedepannya," tambah Amran Mahmud yang juga Ketua ICMI Wajo.

Peringatan tahun baru Islam di Wajo kali ini mengangkat tema Kuatkan Iman, Eratkan Ukhuah, dan Tingkatkan Kepedulian. Dihadiri sejumlah kepala OPD, Forkopimda, MUI, pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah, pengurus PHBI, pimpinan ormas keagamaan, serta Ketua TP PKK Wajo, Sitti Maryam beserta jajaran PKK.

Zikir dan selawat dipandu oleh Majelis Taklim Masjid Agung Ummul Quraa, Sengkang. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa menyambut tahun baru Islam 1443 hijriah oleh Imam Besar Masjid Agung Ummul Quraa, K.H. Abdul Waris Ahmad.

Baca Juga : Pejabat Bupati Silaturahmi Calon Bupati Wajo Dalam Momentum Idul Fitri 1445

Usai salat Magrib, dilanjutkan dengan tauziah hikmah tahun baru Islam oleh Ketua MUI Wajo, A.G. Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi, serta ditutup dengan nasihat oleh Ketua Umum PP Ponpes As'adiyah, A.G. Muhammad Sagena. Termasuk penyerahan BPJS Ketenagakerjaan kepada guru mengaji.

Selain zikir dan bersama, beberapa kegiatan lainnya juga akan digelar dalam memeriahkan tahun baru Islam kali ini, di antaranya pawai hijratul Rasul di Lapangan Merdeka Sengkang, Sabtu (30/7/2022).

Kegiatan ini akan melibatkan peserta dari TK/RA, SDN, SDA/MIA/MDA, SMPN, MTs, SMA/SMK, Madrasah Aliyah/PDF, perguruan tinggi, ormas/majelis taklim/remaja masjid, tahfiz dan instansi/OPD. Sesuai rencana akan dilepas langsung oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud.

#pemkab wajo #Amran Mahmud #Tahun Baru Islam