Sabtu, 02 Juli 2022 14:10

Mentan SYL Ungkap Sosok Tjahjo Kumolo, Ahli Ibadah dan Pembela Rakyat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), dalam satu pertemuan.
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), dalam satu pertemuan.

"Kalau saya bilang, beliau itu orang baik dan tahu bersahabat dalam perbedaan. Beliau juga mau berkomitmen terhadap tujuan yang idealis atas nama bangsa, rakyat dan ibadah," ujar Mentan SYL.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengungkapkan bahwa Tjahjo Kumolo semasa hidupnya adalah sosok idealis yang mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat. Lebih dari itu, Tjahjo juga dikenal sebagai ahli ibadah dan peka terhadap orang yang dirundung kesulitan.

"Kalau saya bilang, beliau itu orang baik dan tahu bersahabat dalam perbedaan. Beliau juga mau berkomitmen terhadap tujuan yang idealis atas nama bangsa, rakyat dan ibadah," ujar Mentan SYL, Sabtu (2/7/2022).

Di Mentan SYL, Tjahjo merupakan sosok adaptif terhadap suasana apa pun dan di mana pun. Tjahjo memiliki sikap social butterfly atau luwes dalam bergaul. Tak heran jika dalam berbagai kesempatan, sikap dan cara pandangnya selalu ditunggu banyak orang.

Baca Juga : Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

"Tokoh yang adaptif terhadap semua suasana. Saya kehilangan sekali figur panutan saya," katanya.

Mentan SYL mengatakan, bersama Tjahjo dirinya pernah bernaung di satu organisasi Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan masuk dalam Partai Golkar bersama Surya Paloh.

"Sampai kita berkarier di masing-masing jalur. Beliau ke PDIP jadi sekjen dan lain-lain. Kemudian saya juga didukung penuh waktu pencalonan wakil gubernur dan gubernur Sulawesi Selatan," ucapnya.

Baca Juga : Irjen Kementan Jebolan KPK Naik Pangkat Bintang Tiga

Tjahjo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Mentan RB), meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Tjahjo kemudian disalatkan di Masjid Kemenpan dan dimakamkan di TMP Kalibata dengan prosesi militer. (*)

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo #Tjahjo Kumolo