Sabtu, 30 April 2022 12:12

Salat Idulfitri Kembali Digelar di Pelabuhan Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salat Idulfitri di Pelabuhan Makassar sebelum pandemi COVID-19.
Salat Idulfitri di Pelabuhan Makassar sebelum pandemi COVID-19.

Selama dua tahun pelaksanaannya ditiadakan karena pandemi COVID-19. Pelaksanaan tahun ini diupayakan lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksanaan ibadah salat Idulfitri di Pelabuhan Makassar dilaksanakan kembali tahun ini setelah terhenti akibat pandemi COVID-19.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bersama instansi yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar (BKS Rohis) Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan salat id di depan Gudang 104 dan lapangan parkir Pelabuhan Makassar.

Ketua Pengurus BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel, Riman S. Duyo, mengatakan pelaksanaan salat id kemungkinan pada Senin (2/5/2022) atau mengikuti tanggal yang ditetapkan pemerintah. Jemaah yang ingin melaksanakan waktunya mulai pukul 06.30 Wita sampai selesai.

Baca Juga : Arus Penumpang, Barang, dan Kapal Pelabuhan Makassar Melonjak di Semester I 2023

Bertindak selaku imam yaitu Abd. Gaffar H.N. Sementara, khatib tahun ini adalah Lomba Sultan dengan tema khotbah Dengan Idulfitri Kita Meraih Kemenangan Spiritual dan Pengendalian Emosional.

"Salat Idulfitri tahun ini akan dilakukan di Pelabuhan Makassar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni dengan imbauan agar jemaah tetap menggunakan masker," kata Riman dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

Selain akan dihadiri pengurus dan anggota BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel, panitia juga mengundang seluruh masyarakat, utamanya yang berada di sekitar Pelabuhan Makassar untuk ikut melaksanakan salat id bersama.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Dukung Polda Sulsel dalam Pencegahan dan Penanganan TPPO

"Khusus jemaah, pass masuk pelabuhan ditiadakan," kata Riman.

Hal ini ditekankan karena pada pelaksanaan salat id tahun-tahun sebelumnya, kadang jemaah diberatkan dengan oknum yang memungut parkir secara liar. Padahal, seyogyanya parkir gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Adapun pass masuk pelabuhan yang biasa dibayarkan sebelum masuk pelabuhan, pada saat penyelenggaraan salat id, dinonaktifkan bagi para jemaah yang akan masuk untuk salat.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Makassar Terapkan Karcis Elektronik Hindari Pungli di Pelabuhan Paotere

Tiap tahun, BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel selalu menggelar salat di area Pelabuhan Makassar. Namun, selama dua tahun pelaksanaannya ditiadakan karena pandemi COVID-19. Pelaksanaan tahun ini diupayakan lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (*)

#Pelindo 4 Makassar #Pelindo Regional 4 Makassar