Senin, 21 Maret 2022 13:00

Tidak Aksi Kejahatan, Satrol Lantamal VI Terima Satu Unit KMC dan Sarpras Sepeda Motor

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tidak Aksi Kejahatan, Satrol Lantamal VI Terima Satu Unit KMC dan Sarpras Sepeda Motor

Danlantamal VI mengatakan kehadiran KMC jenis kapal Sea Hunter B 12 yang diadakan Baranahan Kemhan ini untuk penambahan kekuatan unsur laut.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI Makassar), Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, menyerahkan Kapal Motor Cepat (KMC) dan sarana prasarana (sarpras) sepeda motor kepada Satuan Patroli (Satrol) Mako Lantamal VI.

Penyerahan 1 unit KMC dan 1 unit sepeda motor diserahkan Danlantamal VI secara simbolis kepada Dansatrol Lantamal VI, Letkol Laut (P) Anis Latif, di dermaga layang Mako Lantamal VI, Senin (21/3/2022).

Danlantamal VI mengatakan kehadiran KMC jenis kapal Sea Hunter B 12 yang diadakan Baranahan Kemhan ini untuk penambahan kekuatan unsur laut. Kapal yang diproduksi Galangan Kapal PT Mega Perkasa Engineering Tangerang Banten memiliki spesifikasi teknis panjang 12 Meter, lebar 2 Meter, dan menggunakan 2
mesin dengan sistem pendorong water jet.

Baca Juga : Peduli Kebersihan, Danlantamal VI Pimpin Bersih-Bersih Pantai

KMC ini dilengkapi dengan peralatan GPS, radar, echo sounder, dan map navigation. Kapal ini juga mampu melaju hingga kecepatan 35 knots serta mampu beroperasi di laut dangkal dan sempit.

"Kapal ini sangat cocok digunakan untuk patroli penindakan aksi kejahatan di laut, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kapal yaitu faktor cuaca dan sea state," ujar Danlantamal VI.

"Agar kapal ini dapat segera beroperasi secara optimal, pada pagi ini, saya serahkan pembinaan KMC kepada Dansatrol Lantamal VI. Di samping itu, saya serahkan juga satu unit kendaraan roda dua jenis trail merek Kawasaki guna mendukung tugas operasional satuan," tambahnya.

Baca Juga : Lantamal VI Makassar Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wadan Lantamal VI, Kolonel Marinir Marsono, para Asisten Danlantamal VI, Lo Kodam XIV HSN, Dansatdik-2 Mks, Dansatlinlamil-3, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar, Kakuwil Lantamal VI, Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso, Dansekesal Mks, Danyonmarhanlan VI , serta para Kadis dan Kasatker Lantamal VI. (*)

#Lantamal VI Makassar