Rabu, 17 November 2021 21:37

Begini Keseruan Saat Dinas Kebudayaan Ajak Pelajar Sekolah Jelajahi Budaya Makassar

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suasana ketika Dinas Kebudayaan Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar dengan melibatkan perwakilan pelajar SD dan SMP di Kota Makassar pada tanggal 15 dan 16 November 2021.
Suasana ketika Dinas Kebudayaan Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar dengan melibatkan perwakilan pelajar SD dan SMP di Kota Makassar pada tanggal 15 dan 16 November 2021.

Kadis Kebudayaan Kota Makassar, Ir. Hj. Andi Herfidha Attas mengatakan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar sebagai salah satu program kegiatan yang dibidangi untuk memperkenalkan situs sejarah dan budaya kepada pelajar, sehingga akan timbul kecintaan terhadap kebudayaan Makassar itu sendiri.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Dinas Kebudayaan Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar dengan melibatkan perwakilan pelajar SD dan SMP di Kota Makassar pada tanggal 15 dan 16 November 2021. Tujuannya mengedukasi dan mengenalkan para pelajar tentang situs cagar budaya dan sejarah di wilayah Kota Makassar sebagai rangkaian dari Hari Jadi Kota Makassar ke-414 tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Ir. Hj. Andi Herfidha Attas mengatakan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar sebagai salah satu program kegiatan yang dibidangi untuk memperkenalkan situs sejarah dan budaya kepada pelajar, sehingga akan timbul kecintaan terhadap kebudayaan Makassar itu sendiri.

"Sesuai dengan tema HUT Kota Makassar yakni Recovery untuk masa depan, kegiatan ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan kembali budaya Makassar di masa pandemi” tambah Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Ir. Hj. Andi Herfidha Attas di Museum Kota Makassar, Senin (15/11).

Baca Juga : Sempat Buka Puasa Bersama Keluarga, Sekretaris Dinas Kebudayaan Makassar Meninggal

Masing-masing 70 pelajar SD dan SMP setiap harinya diajak mengunjungi obyek wisata budaya yaitu Museum Kota Makassar, Makam Pangeran Diponegoro, Kompleks Makam Raja-Raja Tallo, Benteng Fort Rotterdam dengan dipandu oleh Cultural influencer lokal dari Kampung Seni Baruga Kaluarrang yakni Rizaldi Baso dan Andi Rezky Hardianti yang memberikan penjelasan secara atraktif dan menghibur.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Bidang Kekayaan Budaya Dra. Andi Indrawaty, M.Si, Jelajah Nilai Budaya terdiri dari dua rangkaian kegiatan yakni kunjungan ke obyek wisata budaya yang ada di Kota Makassar dan Lomba Konten Budaya.

 

“Melalui Lomba Konten Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar, anak-anak pelajar kita arahkan untuk membuat konten sosial media yang positif sehingga tercipta budaya digital yang baik dan benar di kalangan generasi muda Makassar” jelasnya.

Baca Juga : Sempat Buka Puasa Bersama Keluarga, Sekretaris Dinas Kebudayaan Makassar Meninggal

Menurut salah satu peserta Ikhwana Mubarik dari SD Kalukuang mengatakan dirinya sangat senang mengikuti kegiatan ini apalagi dengan adanya lomba sehingga lebih bersemangat.

Sponsored by MGID

Hal menarik dari kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar ini karena dibuka dengan penampilan memukau tari dan musik tradisi yang uniknya dibawakan oleh siswa-siswi SD dan SMP peserta Belajar Bersama Maestro Basri B. Sila di Lembaga Seni Budaya Batara Gowa.

Seluruh rangkaian kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk masa pandemi bagi setiap peserta pelajar, guru pendamping, maupun panitia penyelenggara.

Sponsored by advertnative
 
#Dinas Kebudayaan Makassar #cagar budaya makassar