Kamis, 30 September 2021 21:28

Video Korban Bom Gereja Katedral Makassar Kembali Beredar, Kali Ini Sampaikan Klarifikasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Video Korban Bom Gereja Katedral Makassar Kembali Beredar, Kali Ini Sampaikan Klarifikasi

"Kami ingin klarifikasi pada video yang kemarin viral di media sosial. Saat ini kami minta maaf sebesar-besarnya kepada pemerintah dalam hal ini diwakili RS Bhayangkara Makassar yang sudah beri penanganan darurat sejak kejadian pada 28 Maret 2021," kata Valeria Silitohun dalam video itu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Video dua orang perempuan, Valeria Silitohun dan Kariadi Mayu, korban aksi bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar yang mengaku tidak diperhatikan pemerintah viral di media sosial.

Pascavideo viral, selanjutnya kembali muncul video dengan orang yang sama. Dalam video kedua berdurasi 44 detik itu, mereka memberikan klarifikasi terkait pernyataan yang disampaikan pada video sebelumnya.

"Kami ingin klarifikasi pada video yang kemarin viral di media sosial. Saat ini kami minta maaf sebesar-besarnya kepada pemerintah dalam hal ini diwakili RS Bhayangkara Makassar yang sudah beri penanganan darurat sejak kejadian pada 28 Maret 2021," kata Valeriana.

Baca Juga : Pembangunan Gedung Perawatan 4 Lantai Rumah Sakit Bhayangkara Dimulai

Dalam video kedua itu juga dia menjelaskan telah menjalani perawatan pasca kejadian dan saat ini masih sementara proses pengobatan untuk penyembuhan. Semuanya ditanggu pemerintah.

"Telah dilakukan operasi selama lima kali dan sampai saat ini kami masih dalam tahap pengobatan atau pemilihan dan seluruh pengobatan ditanggung penuh oleh pemerintah Rumah Sakit Bhayangkara," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Bhayangkara, Kombes Pol dr. Muhammad Mas'udi, memberikan tanggapan atas video pertama yang viral.

Baca Juga : Korban Bom Gereja Katedral Makassar Mengaku Tak Diperhatikan, Karumkit Bhayangkara Angkat Bicara

"Tidak benar bahwa tidak diperhatikan," kata dr. Muhammad Mas'udi, Kamis (30/9/2021).

Terkait video itu pula, dia menyebut pihaknya menduga ada oknum tertentu yang sengaja memengaruhi sehingga kedua korban membuat video tersebut.

"Kami duga ada yang memengaruhi mereka untuk mengucapkan seperti di video viral itu," tambahnya.

Baca Juga : Viral, Korban Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar Mengaku Tidak Diperhatikan Pemerintah

Pasca kejadian bom, dr. Muhammad Mas'udi memastikan pihaknya memberikan penanganan maksimal, termasuk kedua korban yang muncul dalam video tersebut. Bahkan, kedua korban tersebut telah disiapkan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

"Kami pastikan penanganan bagi seluruh korban bom, termasuk dua korban itu sudah disiapkan dokter bedah plastik untuk menangani," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, dua korban bernama Valeria Silitohun dan Kariadi Mayu mengaku sebagai mahasiswa dari Stikes Stella Maris Makassar. Mereka meminta donasi untuk menyembuhkan penyakit keloid yang diderita.

Baca Juga : Kapolda Letakkan Batu Pertama, Pembangunan Kantor RS Bhayangkara Berlantai 3 Dimulai

"Mengalami keloid pada tangan dan kaki pada saat ini. Keloidnya nyeri dan mengalami penebalan terus-menerus. Saya tak bisa lakukan aktivitas dengan sempurna," katanya.

Pasca kejadian tersebut, pihaknya pun mengaku tidak mendapat perhatian dari pemerintah sebagaimana yang telah dijanjikan. Mereka hanya menunggu RS Bhayangkara Makassar untuk pengobatan lebih lanjut.

"Saya juga telah dijanjikan pemerintah untuk pengobatan, tapi sampai saat ini kami tidak diperhatikan dengan sempurna sesuai dengan janji pemerintah. Saat ini saya juga menunggu kepastian dari Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, tetapi saya belum menerima kepastian dan ACC dari rumah sakit," tambahnya.

Baca Juga : 58 Terduga Teroris Asal Sulsel Dibawa ke Jakarta dengan Pesawat Carter, Dua Bayi Ikut Diboyong

Dengan kondisi itu, melalui video tersebut ia meminta bantuan donasi agar bisa menyembuhkan penyakit yang diderita.

"Pada saat ini saya meminta kepada bapak-ibu yang menonton video saya, bapak uskup, pastor, dan donatur lainnya untuk bisa membantu kami untuk mengatasi keloid kami agar bisa beraktivitas dengan baik dan lebih luas," lanjut hahasiswi dari Tual, Maluku Tenggara, tersebut.

Sementara itu, seorang lainnya yakni Kariadi Mayu yang mengaku dari Ternate juga menyampaikan hal senada.

Baca Juga : 58 Terduga Teroris Asal Sulsel Dibawa ke Jakarta dengan Pesawat Carter, Dua Bayi Ikut Diboyong

"Saya anak perantau, saya juga korban. Sekarang saya mengalami keloid di bagian tangan kanan dan kaki kiri, namun saya merasa terganggu karena sering gatal dan kesakitan. Saya juga minta bantuan pastor uskup dan bapak-ibu yang nonton video ini untuk bantu agar kulit kami bisa sembuh kembali," katanya.

Penulis : Syukur
#bom gereja katedral makassar #RS Bhayangkara