Sabtu, 18 September 2021 09:27

Bukan Lorong Waktu, Sekarang di Ethiopia Masih Tahun 2014

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ethiopia punya 13 bulan dalam satu tahun sehingga membuat mereka tertinggal tujuh tahun dari yang lain.

RAKYATKU.COM - Saat ini di Ethiopia masih tahun 2014. Akan tetapi, ini bukanlah lorong waktu. Ethiopia memiliki kalender berbeda dibanding yang dikenal dunia.

Dilansir dari BBC, Sabtu (18/9/2021), Ethiopia punya sejarah panjang yang membuat penanggalan mereka berbeda.

Ethiopia punya 13 bulan dalam satu tahun sehingga membuat mereka tertinggal tujuh tahun dari yang lain.

Baca Juga : Serangan Kelompok Bersenjata di Ethiopia, 100 Orang Tewas

Saat ini kita sedang berada di tahun 2021, itu berarti masih tahun 2014 di Ethiophia. Awal September lalu, negara ini baru saja memasuki tahun 2014.

Sistem penanggalan yang unik disebabkan ketika Gereja Katolik mengubah penghitungan pada tahun 500.

 

Gereja Ortodok di Ethiopia tidak mengikuti langkah tersebut. Akibatnya, sistem kalender di negara ini jadi tertinggal dibandingkan kalender Masehi.

Baca Juga : Serangan Udara di Ethiopia Hantam Sebuah Universitas

Keunikan kalender Ethiopia ini terlihat jelas pada penghitungan bulan. Jadi ada bulan yang memiliki 30 hari, ada yang cuma lima hingga enam hari dalam setahun.

Sponsored by MGID

Selain kalendernya yang unik, penghitungan waktunya pun berbeda. Perhitungan hari mereka masih 24 jam seperti kita. Namun, pergantian harinya dimulai dari pukul 6 pagi.

Supaya lebih mudah, penyebutan jam di Ethiophia dikurangi 6 jam dari waktu internasional. Jadi kalau pukul 07.00 waktu internasional akan disebut jam 1 di Ethiopia. Sementara itu, saat pukul 18.00 waktu internasional disebut jam 12.

Baca Juga : Kelompok Bersenjata Serang Bus di Ethiopia, 34 Orang Tewas

Selain itu, karena Ethiopia hanya mengenal penyebutan waktu 12 jam (seperti perhitungan AM/PM) yang dimulai dari jam 00.00 waktu Ethiopia (06.00 pagi waktu internasional), maka bila waktu telah melampaui jam 12.00 maka penyebutan waktu dimulai kembali dengan pukul 1. Dengan demikian jam 19.00 (jam 7 malam) disebut sebagai jam 1 (malam).

Sponsored by advertnative
 
#Ethiopia #Waktu #Kalender