Jumat, 10 September 2021 17:31

Tampil di MNC Group, Taufan Pawe Ulas Program Cinta dalam Membangun Kota Parepare

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tampil di MNC Group, Taufan Pawe Ulas Program Cinta dalam Membangun Kota Parepare

Taufan Pawe menerapkan teori Telapak Kaki yang telah terbukti mampu menarik orang banyak datang ke Parepare.

RAKYATKU.COM - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe kembali diundang stasiun televisi nasional MNC Group (I News TV, MNC, RCTI, Sindonews.com.tv, Okezone.com) tampil dalam program Good Morning Indonesia, Jumat (10/9/2021).

Taufan Pawe diundang untuk menginspirasi masyarakat Indonesia dalam mengulas kebijakan dan program dalam membangun Parepare karena cinta.

Dalam siaran yang ditayangkan secara live streaming di MNC Group itu, Taufan Pawe (TP) memaknai, membangun karena cinta di pemerintahannya karena kecintaannya pada masyarakat Parepare, kecintaan kepada Provinsi Sulawesi Selatan, dan kecintaan kepada negara Indonesia.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Cinta yang diinspirasikan oleh tokoh dunia, putra kelahiran Parepare Prof BJ Habibie yang menjadi inspirator TP dalam membangun kota berjuluk "Kota Cinta BJ Habibie".

Di Parepare, banyak ikonik yang dibangun terilhami dari BJ Habibie dan Ainun. Di antaranya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun Habibie, Auditorium BJ Habibie, RS dr Hasri Ainun Habibie, Museum BJ Habibie, Masjid Terapung BJ Habibie, dan segera hadir perguruan tinggi negeri Institut Teknologi BJ Habibie.

Ikonik ini yang menjadi daya tarik Parepare, sekaligus mendukung visi dan misi Wali Kota Parepare Taufan Pawe mewujudkan Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Itu sejalan dengan Teori Telapak Kaki yang digagas Taufan Pawe. Teori ini adalah bagaimana menarik orang banyak datang ke Parepare karena ada magnet atau daya tarik.

Teori ini pun sudah mendapat pengakuan dari Institut Bank Indonesia (BI) saat Taufan mempresentasikannya di hadapan para ahli dan pakar ekonomi. Magnet dimaksud ada pada tiga pilar Kota Industri Tanpa Cerobong Asap yakni sektor pendidikan, sektor kesehatan, dan sektor pariwisata.

"Kami target sampai 500 ribu loh telapak kaki atau orang yang datang ke Parepare,” ungkap Taufan dalam program Good Morning Indonesia.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Karena cinta juga, Taufan pada awal 2021 sudah mencanangkan Tahun Pemulihan Ekonomi di Parepare. Dia mendorong sektor-sektor ekonomi untuk bangkit di masa pandemi, termasuk UMKM untuk menggeliat. Tapi dia mengingatkan pandemi belum berakhir, karena itu upaya pemulihan ekonomi harus dibarengi dengan penegakan protokol kesehatan ketat.

Berbagai upaya dilakukan untuk kembali menghidupkan ekonomi, seperti mulai melonggarkan aktivitas berusaha pelaku usaha, dunia usaha, UMKM, seniman, dan aktivitas usaha lainnya. Tapi kuncinya, protokol kesehatan harus ketat. Hasilnya, oleh Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan tren pertumbuhan ekonomi Parepare terus meningkat.

Terakhir, Wali Kota Parepare dua periode ini mengungkap tentang visi jangka panjangnya dalam penanganan pandemi Covid-19. Yakni membangun sebuah pusat pelayanan Covid-19 terintegrasi, Covid Centre di Parepare.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

“Dalam upaya penanganan Covid-19 ini, Pemerintah Kota Parepare akan membangun Covid Centre di RSUD Andi Makkasau Parepare. Itu dengan menggunakan Dana Insentif Daerah Tahun 2021. Hal ini sebagai bentuk komitmen kuat Pemerintah Kota Parepare dalam menangani Covid-19,” tegas ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Visinya ini juga yang mengantar Taufan Pawe diganjar penghargaan sebagai pemimpin visioner, kategori tertinggi Best Overall di ajang Indonesia Visionary Leader 2021 yang diadakan MNC Group.

Di penghujung program Good Morning Indonesia, Taufan yang bergelar doktor ilmu hukum ini mengingatkan soal pentingnya integritas. Karena integritas juga adalah bagian dari cinta.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

“Kita harus punya integritas. Integritas juga adalah cinta. Membangun karena integritas dan cinta akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” kata kepala daerah peraih 196 penghargaan ini.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #HM Taufan Pawe