Kamis, 19 Agustus 2021 22:36

Kementan Jadikan Porang sebagai Mahkota Komoditas Andalan Pertanian

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kementan Jadikan Porang sebagai Mahkota Komoditas Andalan Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengembangkan komoditas porang dan sarang burung walet sebagai program super prioritas pertanian masa depan.

RAKYATKU.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) menetapkan komoditas porang sebagai mahkota pertanian masa depan yang memiliki potensi ekspor cukup besar.

Hal ini terlihat dari catatan ekspor tahun 2020 yang mencapai kurang lebih Rp923,6 miliar.

"Porang menjadi andalan baru dalam peningkatan capaian ekspor produk dalam negeri," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Sesuai data yang ada, komoditas porang Indonesia berhasil menembus pasar ekspor berbagai negara di Asia seperti China, Thailand, Taiwan, Vietnam, hingga Jepang. Adapun produk yang diekspor di antaranya berbentuk chip atau tepung.

"Realisasi capaian ekspor porang ini menjadi fokus pemerintah hingga akhir tahun 2021 mendatang untuk meningkatkan industri lanjutannya yaitu beras porang," katanya.

Mentan mengatakan, komoditas porang menjadi andalan baru Kementan bersama pemerintah daerah dan pelaku usaha lainnya untuk melakukan perluasan pasar ekspor dengan alur budi daya porang yang lebih maju hingga proses pengolahan pascapanen.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

"Kami menjadikan komoditas porang sebagai mahkota pertanian yang masuk dalam program Geratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor)," tutupnya.

Saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac pada Kamis (19/8/2021). Di sana, Presiden akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

Seperti diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengembangkan komoditas porang dan sarang burung walet sebagai program super prioritas pertanian masa depan.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Di antaranya dengan mendorong pengolahan sentra porang di Madiun, Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya pengembangan juga akan dilakukan di wilayah lain.

#kementan