Senin, 19 Juli 2021 23:59

Jokowi Tekankan Deteksi Tingkat RT, Danny : Makassar Sudah Berjalan Melalui Satgas Detektor

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jokowi Tekankan Deteksi Tingkat RT, Danny : Makassar Sudah Berjalan Melalui Satgas Detektor

Tim detektor menemukan ada 5.000 warga dalam bahaya karena saturasinya di bawah 90.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengikuti rapat virtual bersama Presiden RI, Joko Widodo, Senin (19/7/2021).

Kegiatan ini diikuti semua kepala daerah dan pihak terkait mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dalam virtual zoom, Jokowi menekankan agar semua kepala daerah bisa melakukan deteksi dini tingkat RT dan kelurahan secara masif.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

“Harus deteksi dini mulai tingkat paling rendah seperti di RT lalu kelurahan. Covid-19 ini penanganannya harus masif dan detail biar bisa menyelamatkan warga,” ucap Jokowi.

Mendengar hal itu, Danny mengaku bangga. Pasalnya apa yang dikatakan Jokowi, ia sudah konsepkan dan jalankan di suatu program fokus yang bernama “Makassar Recover”.

“Jadi kita sudah jalan dan saya sudah konsepkan ini di awal-awal pandemi yang masuk program Makassar Recover. Tim detektor kita sudah bentuk dan turun ke RT/RW setiap kelurahan bergerak. Ini sebuah apresiasi karena ternyata Pak Jokowi juga memerintahkan,” jelasnya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

Danny mengatakan konsepnya sejalan dengan pikiran Jokowi. Tim detektor yang beranggotakan nakes, dokter mendeteksi setiap warga.

“Dan tim detektor menemukan ada 5.000 warga yang saturasinya di bawah 90. Kata Prof Idrus, itu bahaya karena bisa saja itu happy hipoxia. Oksigen dalam darah kita kurang tanpa kita sadari,” jelasnya.

Untuk itu, Danny berharap seluruh warga di Kota Makassar membuka pintu untuk tim detektor karena ini sudah perintah langsung dari Presiden RI.

Baca Juga : Wali Kota Ajak Ramaikan Malam Takbiran dan Salat Ied pada Tiga Lokasi di Makassar

“Kita harus putus cepat penyebaran virus Covid-19 ini. Makanya kita deteksi dini biar jika ada warga yang positif bisa kita kontrol dan obati,” pungkasnya.

#Makassar Recover #danny pomanto