Kamis, 24 Juni 2021 15:54

Penduduk Amerika Serikat, Israel, Selandia Baru, hingga Tiongkok Mulai Lepas Masker

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Masyarakat di negara ini sudah boleh bebas melepas masker di kondisi tertentu, asalkan sudah mendapatkan vaksinasi secara penuh.

RAKYATKU.COM - Penduduk di beberapa negara mulai menghapus aturan masker. Seperti warga di Amerika Serikat, Israel, Bhutan, Selandia Baru, Australia, hingga Tiongkok.

Kebanyakan dari negara ini juga mengklaim sudah sukses mengendalikan laju pandemi Covid-19.

Israel dianggap negara pertama yang dinilai berhasil mengendalikan Covid-19. Salah satu alasannya adalah transmisi penularan di sana tak lagi tinggi. Hal ini membuat warganya sudah tidak lagi wajib menggunakan masker di luar ruangan sejak April lalu dilansir dari indozone.id.

Baca Juga : Benarkah Jokowi-Ma'ruf Sukses Atasi Pandemi Covid-19? Begini Menurut Pengamat

Meski mengalami jumlah kasus Covid-19 tertinggi, Amerika Serikat juga sudah dianggap bisa mengendalikan kasus corona. Salah satunya dengan program vaksinasi yang cepat. Hal ini didukung Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dengan menetapkan sejumlah syarat.

Syaratnya sudah mendapat dua dosis vaksin Corona, berkumpul dengan teman yang sudah divaksin, dan bepergian ke taman selama menghindari kerumunan, boleh melepas masker mereka. Hal ini juga didukung Presiden AS, Joe Biden.

 

Mengutip dari beberapa sumber, salah satu kriteria jika suatu negara bisa mengendalikan pandemi bukan dari segi vaksinasinya saja. Hal utama yang menjadi tolak ukur adalah test positivity rate.

Baca Juga : Vatic Kembangkan Alat Tes COVID-19 Berbasis Air Liur, Pengujiannya Sangat Akurat

Sebagai contoh, jumlah vaksinasi di Selandia Baru dan Australia saat ini masih lebih kecil dibandingkan negara lain. Tetapi, dengan test positivity rate yang baik maka dianggap sudah bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

Sponsored by advertnative
 
#Covid-19 #Masker Covid-19