Selasa, 22 Juni 2021 19:02

Presiden AS Joe Biden Bagi-bagi 55 Juta Vaksin Covid-19, Indonesia Ikut Kebagian

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jjoe Biden (Foto: VoA USA Today)
Jjoe Biden (Foto: VoA USA Today)

Indonesia akan mendapat vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat.

RAKYATKU.COM - Presiden AS Joe Biden berjanji akan membagikan 55 juta dosis vaksin Covid-19 ke berbagai negara di dunia. Indonesia termasuk negara yang akan mendapat vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat tersebut.

Gedung Putih menegaskan akan membagikan 75% vaksin melalui Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX). Sementara 25% lagi akan langsung dibagikan ke negara yang membutuhkan.

"Tujuan kami adalah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 global" Gedung Putih dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNBCIndonesia, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga : Pakar: Suntikan Booster Vaksin COVID-19 Tidak Perlu

"Membantu tetangga kami dan negara lain yang membutuhkan."

Dari 55 juta dosis vaksin awal yang akan dibagikan, 41 juta yang dibagikan melalui COVAX. Dengan rincian 14 juta ke Amerika Latin dan Karibia. Termasuk Brasil, Argentina, Kolombia, Peru, Ekuador, Paraguay, Bolivia, Uruguay, Guatemala, El Salvador, Honduras, Negara Komunitas Karibia (CARICOM), Republik Dominika, Panama, serta Kosta Rika.

 

Sedangkan 16 juta dosis akan dikirim ke Asia. Negara-negara yang akan mendapatkan, yakni Indonesia, India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Afghanistan, Maladewa, Bhutan, Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Laos, Papua Nugini, Taiwan, Kamboja dan Kepulauan Pasifik.

Baca Juga : Putus Mata Rantai Penyebaran Covid 19,Tripika Kecamatan Biringkanaya Gelar Vaksin Massal Tingkat RT/RW

Sementara itu, sekitar 19 juta dosis lain akan diberikan ke negara Afrika, berkoordinasi dengan Uni Afrika.

Sponsored by MGID

Bukan hanya melalui COVAX, RI juga akan mendapat vaksin yang dikirim langsung AS. Namun Gedung Putih tak memberikan rincian berapa dosis yang akan dikirim ke masing-masing negara secara spesifik.

Ada sekitar 14 juta vaksin lagi, sisa dari 41 yang diberikan ke COVAX yang akan disalurkan. Negara penerima antara lain, RI, Kolombia, Argentina, Republik Dominika, Kosta Rika, Panama, negara CARICOM.

Baca Juga : WHO Identifikasi Varian Baru COVID-19, Lebih Kebal Vaksin

Lalu ada Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Filipina, Vietnam, Afrika Selatan , Nigeria, Kenya, Ghana. Termasuk Cabo Verde, Mesir, Yordania, Irak, Yaman, Tunisia, Oman, Tepi Barat dan Gaza, Ukraina, Kosovo, Georgia, Moldova, dan Bosnia.

Vaksin yang dikirim antara lain Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson. Sementara AstraZeneca belum disetujui oleh regulator federal.

Meski demikian logistik akan menjadi tantangan. Mulai dari berbagi informasi keselamatan dan peraturan, memastikan tim memiliki persediaan dan transportasi yang diperlukan untuk menerima dosis, memastikan penyimpanan dan persiapan yang tepat, dan memastikan vaksin melewati bea cukai termasuk bahasa.

Sponsored by advertnative
 
#Joe BIden #Indonesia #Vaksin Covid-19 #Covid-19