Selasa, 22 Juni 2021 08:01

Temui Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Stafsus Wapres RI Cek Progres Bendungan Pamukkulu Takalar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Staf Khusus Wapres, Sukriansyah S Latief (kanan) bersama plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Staf Khusus Wapres, Sukriansyah S Latief (kanan) bersama plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Bendungan Pamukkulu ini merupakan salah satu program stategis nasional Kementerian PUPR.

RAKYATKU.COM - Staf Khusus Wapres RI, Ma'ruf Amin, Sukriansyah S Latief menemui pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. Pertemuan tersebut berlangsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel ada Senin (21/6/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Sukriansyah mengatakan kunjungannya untuk melihat sekaligus memantau progres Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Kami ingin melihat langsung progres PSN di Sulsel, yakni Bendungan Pamukkulu. Nantinya kami juga akan ke Takalar untuk melihat langsung progresnya," ungkap Sukriansyah.

Baca Juga : Andi Sudirman Minta Dukungan Masyarakat Untuk Percepatan Pembangunan Bendungan Pamukkulu

Ia mengakui, upaya Pemprov Sulsel dalam hal ini pelaksana tugas gubernur yang membantu upaya mempercepat progres PSN di Sulsel. Atas dorongan Andi Sudirman, proyek PSN yang sempat terhenti perlahan mulai progres pembangunan.

"Kita berharap pemerintah daerah untuk terus melakukan sosialisasi, karena bendungan ini untuk kepentingan masyarakat," tambahnya.

Bendungan Pamukkulu ini merupakan salah satu program stategis nasional Kementerian PUPR. Proyek ini sempat terhenti sekitar 600 hari karena masalah lahan, namun akhir tahun 2019 kembali efektif dikerjakan. Hal itu tak lain atas dorongan dan komitmen kuat dari Andi Sudirman Sulaiman sejak menjabat sebagai wakil gubernur Sulsel.

Baca Juga : Tinjau Pelabuhan Belawan, Komisaris Pelindo Sukriansyah S Latief Minta Potensi Ekonomi Digarap Serius

Bahkan saat menjabat sebagai Wagub, Andi Sudirman pun tak segan mengadakan rapat dengan beberapa unsur pemerintah hingga tingkat bawah. Bahkan dirinya turun melihat langsung progres pembangunan bendungan di Kabupaten Takalar itu.

"Kita terus mendorong dan mengawal pembangunan Bendungan Pamukkulu ini karena akan mengairi sawah dengan kapasitas 6000 hektare, hydropower, air bersih serta pengendali potensi banjir. Bendungan adalah investasi dari pemerintah yang dinikmati langsung oleh masyarakat sendiri," jelasnya.

Andi Sudirman menyampaikan beberapa usulan. Di antaranya mengenai pembangunan jalan Outer Ring Road atau Jalan Tol di Atas Laut; serta Makassar New Port (MNP). Ia berharap pemerintah pusat terus mendorong pembangunan di Sulsel.

Baca Juga : Staf Khusus Wapres Soroti Koordinasi Antar Instansi untuk Percepatan Pembangunan Bendungan Jragung

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), Adenan Rasyid yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan pembangunan Bendungan Pamukkulu saat ini tengah berproses.

Hal itu berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Dari 1.487 bidang lahan, sudah dibebaskan sekitar 634 bidang.

"Insya Allah, kita targetkan selesai (pembebasan lahan) tahun 2021 ini," katanya.

Baca Juga : Sukriansyah S. Latief Stafsus Wapres Ma’ruf Amin Jadi Komisaris Pelindo IV

 

Penulis : Syukur
#bendungan pamukkulu #Sukriansyah S Latief