Senin, 14 Juni 2021 19:02

Pemkot Parepare Remajakan Lampu Jalan dan Lorong, Ganti dari Bolhlam Mercury ke LED

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare.
Foto: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare.

Selain perbaikan kap lampu lorong dan jalan, Pemkot Parepare juga melakukan pergantian dari balon mercury ke LED.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota pemkot parepare lampu jalan" href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-parepare">(Pemkot) Parepare intens melakukan peremajaan terhadap kondisi lampu jalan dan lorong. Hal itu sebagai wujud komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan penerangan kepada masyarakat.

Kepala UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare, Burhanuddin, mengatakan saat ini pihaknya menggenjot pemeliharaan dan perbaikan lampu untuk memastikan kondisi penerangan jalan bagi masyarakat tidak terganggu.

Untuk memastikan itu, pihaknya menurunkan tim yang bertugas memantau kondisi lampu jalan dan lorong-lorong.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

"Kami menindaklanjuti instruksi Bapak Wali Kota (Taufan Pawe) agar penerangan jalan dan lorong-lorong peduli harus selalu menjadi perhatian. Olehnya itu, dua macam sumber kami optimalkan, yakni dengan mengerahkan tim pemantau yang bertugas keliling memastikan kondisi lampu dan perangkat-perangkatnya, serta menyiapkan nomor aduan call center yang dipasang di setiap tiang lampu," urai Bur, sapaan Kepala PJU Parepare, Senin (14/6/2021).

Bur menyebutkan, untuk perbaikan atau pemeliharaan lampu, pihaknya telah melakukan perbaikan di 200 titik. "Itu untuk pergantian kap atau body lampu lorong yang sudah tidak layak. Kalau lampu jalan, sudah 300 titik lebih yang diganti karena pecah," imbuh dia.

Selain perbaikan kap lampu lorong dan jalan, Pemkot Parepare juga melakukan pergantian dari bohlam mercury ke light emitting diode (LED).

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

"Kita tata kualitas lampu jalan sehingga kualitas lampu yang dihasilkan bisa lebih baik dan terang, sementara pembayaran listrik bisa dikurangi dengan mengurangi beban watt lampu jalan tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan pergantian dari bohlam mercury ke LED dilakukan sebagai wujud efesiensi anggaran dan efektivitas pelayanan.

“Dengan penerangan lampu jalan yang baik, maka akan berdampak pada kondisi tatanan kota yang baik pula. Selain kita hemat anggaran, tata kota yang terang akan berdampak kurangnya angka kriminal," kata Taufan.

#Pemkot Parepare #Lampu jalan