Rabu, 09 Juni 2021 21:50

Bahas Pemekaran Dapil, KPU Parepare Koordinasi Bapemperda DPRD

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yasser Latief
Yasser Latief

Dapil di Parepare untuk Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang diwacanakan akan bertambah.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Bapemperda DPRD Kota Parepare menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare.

Kunjungan tersebut dalam rangka membahas penataan daerah pemilihan (dapil).

Dapil di Parepare untuk Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang diwacanakan akan bertambah. Sebelumnya ada tiga dapil, akan bertambah menjadi empat yakni dapil Bacukiki dan Bacukiki Barat dimekarkan.

Baca Juga : Wakil Ketua DPRD Parepare Desak Pemkot Cari Sumber Pendapatan Baru

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain menjelaskan pemekaran dapil baru sekadar isu. Kata dia, pihaknya belum menerima secara resmi program penataan dapil.

"Anggota dewan di Bapemperda sempat mempertanyakan wacana pembagian dapil. Saya jawab, tahapannya belum masuk," ujar Hasruddin.

Kendati demikian, Hasruddin menegaskan pihaknya akan selalu siap untuk diajak berdiskusi membahas soal penataan dapil itu.

Baca Juga : Lewat Rapat Paripurna, DPRD Parepare Laporkan Hasil Reses

"Jika itu dianggap menjadi isu strategis yang harus dibangun dari awal, kami di KPU selalu siap membahas mengenai proses penataan dapil di beberapa tempat di Parepare," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Parepare Yasser Latief menjelaskan wacana pemetaan dapil itu tak hanya di dapil Parepare. Dapil 6 Sulsel, kata dia, perlu ditata ulang.

Menurutnya, Parepare bergabung di kawasan Ajatappareng. Bersama Pinrang, Sidrap, Barru, dan Enrekang.

Baca Juga : DPRD Parepare Puji Kinerja Akbar Ali Selesaikan Masalah Keuangan

“Pertimbangannya berdasarkan sejumlah prinsip. Salah satunya, asas kulturnya, geografis juga historisnya dan masih banyak lagi,” jelas YL, sapaan Yasser.

Dapil di Parepare, kata YL, perlu penyesuaian dalam menentukan jumlah kursi. Ketua Fraksi NasDem itu meminta penyelenggara mengkaji secara matang dan komprehensif. Terlebih, pertimbangan jumlah kursi dan penduduknya.

Pada pertemuan itu, Bapemperda DPRD Parepare yang hadir, Wakil Ketua Bapemperda Yusuf Lapanna, sebagai anggota Satriya dan Asmawati.

Baca Juga : DPRD Parepare Sambut Positif Kunjungan Silaturahmi Pj Wali Kota

Turut hadir, anggota KPU Parepare Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, Firman Mustafa, Divisi Hukum Hamza, dan Divisi Teknis Safriani Sudirman.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#dprd parepare