Selasa, 18 Mei 2021 17:31

Bupati Bulukumba Bersyukur Hasil Panen Padi Melimpah di Bontoraja

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Panen raya di Desa Bontoraja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (18/5/2021).
Panen raya di Desa Bontoraja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (18/5/2021).

Bupati Bulukumba mengucap syukur atas panen raya para petani dan merupakan kebahagiaan bahwa Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman padi penggunaan pupuk organik menunjukkan hasil menggembirakan melalui peningkatan hasil produksi pertanian.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Masyarakat Desa Bontoraja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, menggelar panen raya. Meski di tengah pandemi, para petani tetap giat turun ke sawah mengais rezeki.

Pesta panen raya sebagai bentuk kesyukuran petani setempat atas hasil panen yang melimpah. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, hadir sebagai penyaksi atas kesyukuran itu.

Panen raya dilaksanakan di depan Kantor Desa Bontoraja, Selasa (18/5/2021), merupakan hasil dari Kelompok Tani 7 Kanang-Kanang, Demplot Penggunaan Pupuk Organik Agrodyke.

Baca Juga : Jelang Mutasi, Bupati Bulukumba Endus Jual Beli Jabatan di Lingkup Pemkab

Andi Utta membeberkan, banyak faktor yang memengaruhi rendahnya produktivitas dan daya saing pertanian di Bulukumba. Salah satu masalahnya adalah persoalan benih, terutama benih untuk tanaman pangan. Selain itu, sarana pengairan irigasi yang belum maksimal dan dampak dari perubahan iklim.

"Pemerintah sebagai regulator perbenihan atau pengadaan bibit unggul memiliki peran yang sangat penting. Untuk mengarahkan kebijakan perbenihan agar benar-benar menyentuh persoalan yang berdampak zlangsung pada pembangunan pertanian," kata Andi Utta.

Dia pun mengucap syukur atas panen raya para petani dan merupakan kebahagiaan bahwa Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman padi penggunaan pupuk organik menunjukkan hasil menggembirakan melalui peningkatan hasil produksi pertanian.

Baca Juga : Kibarkan Bendera di Tengah Guyuran Hujan, Bupati Bulukumba Berikan Bonus untuk Paskibraka

"Saya menilai panen raya ini sangat tepat dan relevan. Sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi hasil pertanian melalui penyediaan bibit unggul dan pupuk serta sarana dan prasarana pertanian yang memadai dan merata," bebernya.

Panen raya padi oleh pihak perusahaan Pupuk Organik Agrodyke merupakan sebuah pilot project yang penting menjadi pembelajaran bagi para petani atau kelompok tani dalam menggunakan pupuk organik ke depannya.

Secara keseluruhan, luas sawah di Bulukumba mencapai 22.991 hektare. Sementara di Kecamatan Gantarang ada 8.055 hektare.

Baca Juga : Pantau Hari Pertama PTM di Bulukumba, Wabup Buka Dompet lalu Bagi-Bagi Uang Merah

Berdasarkan data 2020, realisasi tanam sebesar 37.477,05 hektare, produksi panen 263.745,16 ton dan produktivitas sebesar 6,01 ton per hektare.

"Olehnya itu, salah satu target kinerja pemerintah di tahun 2021 adalah meningkatkan produktivas hasil pertanian," ujar Andi Utta.

Penulis : Rahmatullah
#pemkab bulukumba