Sabtu, 01 Mei 2021 21:01

Wadan Kodiklatal Buka Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Tahun 2021 Satdik-2 Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wadan Kodiklatal Buka Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Tahun 2021 Satdik-2 Makassar

Pendidikan calon prajurit TNI AL ini akan dilaksanakan selama enam bulan.

RAKYATKU.COM -- Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Mayor Jenderal TNI (Mar) Lukman ST, MSi (Han), CHRMP membuka program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AL Angkatan I Tahun 2021 Satuan Pendidikan -2 (Satdik-2) Makassar.

Pendidikan pertama TNI AL di Satdik-2 Makassar tersebut merupakan salah satu implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam rangka menghadapi segala ancaman.

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI tersebut, Sabtu (1/5/2021) diikuti 250 orang. Rinciannya, 100 orang siswa Dikmaba dan 150 siswa Dikmata. Dari 100 orang Dikmaba terdiri 90 orang pria dan 10 orang sisanya wanita.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Dalam sambutan tertulis Dankodiklatal yang dibacakan Wadan Kodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan pemuda-pemudi yang lolos dalam seleksi penerimaan calon siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL.

"Keberhasilan tersebut patut disyukuri, karena hanya pemuda-pemudi yang terpilih untuk bergabung dalam pendidikan ini dan siap dididik menjadi prajurit TNI AL yang bermoral, profesional, dan berani," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pendidikan calon prajurit TNI AL ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap yaitu pendidikan dasar keprajuritan selama tiga bulan, pendidikan dasar golongan selama satu bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan.

Baca Juga : Doakan Prajurit Marinir TNI AL yang Gugur di Nduga Papua, Lantamal VI Gelar Doa Bersama

Sedangkan tujuan Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL adalah untuk mendidik dan membekali calon prajurit TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialisasi sesuai kejuruannya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL dimanapun ditempatkan baik di satuan operasional KRI maupun di staf.

Hadir dalam pembukaan Dikmaba dan Dikmata tersebut, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr Benny Sukandari; Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto; Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ian Fuady; Kaskoops AU II Marsma TNI Widyargo Ikoputra; Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Danet Hendriyanto; Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin; Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto.

#Dikmaba TNI AL #Lantamal VI